Indonesia Incar Tiket Piala Dunia 2026 dengan Menang atas Brunei

JAKARTA – Pertarungan epik antara Timnas Indonesia dan Brunei Darussalam di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia semakin dekat.

Meskipun dengan nada bercanda, kapten Brunei Darussalam Hendra Azam mengatakan amat mungkin mereka akan menerapkan formasi 8-1-1 untuk menghadapi Indonesia pada leg pertama ronde pertama kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (12/10).

Namun, tidak semua berjalan mulus, beberapa pemain inti Indonesia, seperti Edo Febriansyah, Marselino Ferdinan, dan Rafael Struick, harus absen karena cedera. Namun, Kapten Asnawi Mangkualam bersikap optimis, menegaskan bahwa timnya tak akan meremehkan Brunei, meski perbedaan peringkat FIFA mereka sangat mencolok.

Indonesia saat ini berada di peringkat FIFA ke-147, sementara Brunei di peringkat ke-191. Namun, jika Indonesia mampu memetik kemenangan di pertandingan ini, mereka akan meraih lonjakan poin dalam peringkat FIFA yang mengesankan. Bahkan bisa membuat mereka melonjak tiga peringkat sekaligus, menyalip tim-tim tangguh seperti St. Kitts & Nevis, Suriname, dan Eswatini.

Asnawi Mangkualam dengan tegas menyatakan bahwa tim Indonesia akan tampil sesuai gaya permainan mereka yang dikenal. Mereka menetapkan target kemenangan sebagai tiket awal menuju Piala Dunia 2026 yang akan berlangsung di Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko, dengan partisipasi 48 tim dari seluruh dunia.

Jika menang dan lolos dari ronde pertama, Indonesia akan masuk babak penyisihan grup ronde kedua Grup F bersama Irak, Vietnam, dan Filipina.

Pada ronde kedua, Indonesia harus finis sebagai dua teratas untuk bisa lolos ke ronde ketiga dan semakin dekat dengan pintu Piala Dunia 2026 yang bakal digelar di Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko dengan diikuti 48 tim.[]

Komentar