Geliat Usaha Fashion Dona Destya, Produksi Kerawang Gayo, Pernah Dipakai Istri Wapres

Banda Aceh – Bila anda sedang berada di Kabupaten Bener Meriah, Provinsi Aceh, atau anda masyarakat Bener Meriah yang ingin memesan/membeli busana khas Gayo, produk Dona Destya Fashion bisa menjadi pilihannya.

Ya, Dona Destya adalah salah satu pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Bener Meriah yang bergerak di bidang fashion khususnya busana khas Gayo/Kerawang Gayo. Ia memproduksi berbagai fashion motif khas Gayo, baik pakaian, kerawang gayo, tas, dan lain sebagainya.

Disamping memproduksi busana khas Gayo, Dona Destya tentu juga memproduksi pakaian pada umumnya dengan motif dan model yang kekinian. Hal ini dapat dilihat di akun Instagram @dona_fashionb_mer dan @donnadestya_fashion, dimana ada banyak model yang diproduksi baik untuk wanita maupun laki-laki.

Hebatnya, disamping menjadi langganan masyarakat biasa, produk Dona Destya juga telah banyak dipesan oleh para pejabat lokal dan nasional, salah satunya adalah vest hasil karya Donna Destya yang pernah dikenakan oleh Istri Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin, Hj.Wury Estu Handayani.

Dengan tidak berlebihan, Dona Destya adalah salah contoh pelaku UMKM yang sukses dengan usaha ditekuninya meski masih di usia muda (28 tahun). Dan ini bisa menjadi contoh bagi pelaku UMKM pemula bahwa hasil karya dan kerja keras tidak akan mengkhianati hasil, asal dilakukan dengan tekun dan serius.

Kepada media baru-baru ini, Dona Destya menuturkan bahwa usahanya dimulai sejak tahun 2015 silam, dimana saat itu hanya menjahit baju biasa. Namun ia jeli melihat peluang hingga kemudian menciptakan produk pakaian dan aksesori bermotif Kerawang Gayo yang modern dan disukai banyak orang.

Seiring berjalannya waktu, Dona Destya terus menekuni pembuatan Kerawang Gayo dengan melihat peluang pasar. Jika Kerawang Gayo lazimnya dikenal dengan warna-warna yang mencolok seperti merah atau kuning, Dona kemudian berinovasi dengan pembuatannya memilih warna yang sederhana namun tetap memberikan kesan mewah.

Akhirnya, Dona mencoba memodifikasi produk untuk memenuhi selera pasar dengan membuat Kerawang Gayo melalui warna-warna yang lebih lembut. Hasilnya, cukup memuaskan. Desain Kerawang Gayo buatannya diminati banyak orang, mulai dari masyarakat biasa, pejabat hingga pesohor.

Ketika produk karyanya semakin menggeliat dan diterima pasar, Dona Destya pun mengajukan modal usaha atau pembiayaan UMKM ke Bank Aceh. Setelah berhasil mendapat modal pembiayaan UMKM dari Bank Aceh, Dona membeli peralatan penunjang usahanya seperti mesin bordir dan lainnya.

Ahasil, Dona Destya tidak lagi sebatas memproduksi baju wanita tapi juga turut memproduksi Kerawang Gayo untuk pria, serta tas dengan motif Gayo. Saat ini Dona telah mempekerjakan beberapa orang untuk mendukung aktivitas produksinya.

“Saya mempekerjakan beberapa orang. Tapi proses akhirnya tetap saya control. Saya juga menggandeng kawan-kawan perajin Kerawang Gayo lain untuk memenuhi permintaan. Banyak juga pejabat daerah yang memesan untuk dijadikan oleh-oleh saat berangkat ke Jakarta. Di Aceh, yang memesan juga banyak,” kata Dona.

Bila anda ingin mendapatkan informasi dan tertarik dengan dengan produk fashion Kerawang Gayo karya Dona Destya, anda bisa mengunjungi Instagram @dona_fashionb_mer dan @donnadestya_fashion dan Facebook Dona Destya. Anda juga dapat menghubung ke Nomor: 082279495902. [Adv]

Komentar