Inspiratif! UMKM Asal Lhokseumawe Ciptakan Produk Perawatan Rambut

Salah seorang pengusaha muda, Abdullah menciptakan sebuah produk perawatan rambut yang diberi nama Groen Gaya. Tepatnya tahun 2019 ia mulai merintis karirnya secara perlahan-lahan dengan membuat produk bernama Pomade atau lebih dikenal sebagai produk penataan rambut yang biasanya digunakan oleh pria dengan daya rekat yang kuat dan hasil akhir yang berkilau.

Muncul ide bisnisnya tersebut, dikala itu pada tahun 2019, Indonesia termasuk Aceh sempat dihebohkan dengan kemunculan produk pomade yang membuat rambut lelaki menjadi klimis dan berdiri tegak. Sehingga pada momen tersebut, Abdullah menggunakan kesempatan untuk memulai bisnisnya hingga saat ini.

“Ditahun 2019 itu, kemunculan Pomade itu lagi booming dan saat itu menjadi trend hingga akhirnya muncul lah ide untuk menciptakan Pomade di Aceh,” kata Abdullah.

Seiring berjalannya waktu, Abdullah mulai mengupgrade semua produknya. Tidak hanya memproduksi pomade, ia juga mulai memproduksi vitamin rambut atau serum dan shampo.

Saat ini, alamat pabrik tempat ia memproduksi tiga produk tersebut berada di Lhokseumawe. Disana, Abdullah dibantu oleh beberapa orang karyawannya.Untuk harga produk perawatan rambut juga terbilang relatif terjangkau. Serum rambut hanya dijual seharga Rp 110 ribu, sementara pomade hanya Rp 60 ribu, sedangkan shampo berkisar dari harga Rp 40 ribu dengn ukuran 100 ml dan harga Rp 70 ribu untuk ukuran 250 ml.


Kata Abdullah, untuk kandungan bahan produk perawatan rambut tersebut, ia menggunakan bahan-bahan alami yang digunakan untuk menutrisi rambut hingga ke akarnya. Abdullah menyebutkan, untuk kandungan serum rambut ia menggunakan argan oil, kandungan bahan tersebut dapat menyembuhkan ketombe maupun dermatitis seboroik yang ada di kulit kepala.

Tidak hanya itu, kata Abdullah, dalam serum rambut tersebut bahan utama lainnya yang digunakan yaitu minyak kemiri. Minyak kemiri selain dipercaya menyembuhkan ketombe, minyak kemiri juga dapat menebalkan rambut, menghitam warna rambut dan membuat rambut menjadi berkilau.

Sementara itu, kata Abdullah, untuk kandungan shampo, ia biasanya akan mencampurkan dengan conditioner, minyak kemiri dan vitamin E. Vitamin E juga dikenal sebagai bahan perawatan rambut yang paling bagus, selain untuk memperkuat agar rambut tidak mudah patah, vitamin E juga dapat memperlambat penuaan warna rambut.

Sedangkan kandungan dari pomade terdiri dari PEG-7 Glyceryl Cocoate adalah emulsifier non-ionic yang terbuat dari bahan seperti glycerin dan minyak kelapa. Cairan ini berwarna jernih dan memiliki aroma yang khas. Tidak hanya itu, Pomade tersebut juga mengandung PEG-10 Dimethicone PEG-10 yang berfungsi membuat rambut berkilau dan licin, serta mencegah kusut. Selain itu, bagian bahan ini yang larut dalam air mencegah penumpukan produk, yang merupakan masalah umum pada silikon yang tidak larut dalam air. Dalam sebulan, ia bisa memproduksi produk tersebut sebanyak 500 hingga 1.000 pcs.

Setelah kurang lebih empat tahun merintis produk perawatan rambut, akhirnya masyarakat sudah mulai mengenal produk Groen Gaya milik Abdullah. Saat ini, produk Groen Gaya sudah tersebar hampir di seluruh provinsi Aceh, bahkan Abdullah membangun mitra kerja dengan barber shop dan toko perawatan rambut di seluruh Aceh.

“Sudah ada di seluruh Aceh, ada ditaruh di barber shop dan store di Banda Aceh sudah hampir seluruhnya,” jelasnya.

Komentar