Presiden Jokowi Akan Resmikan 8 Proyek Strategis Nasional Bernilai Rp 235 Triliun

Jakarta – Presiden Joko Widodo bersiap-siap untuk mengukuhkan tonggak prestasi ekonomi baru bagi Indonesia dengan meresmikan 8 Proyek Strategis Nasional (PSN) yang nilainya mencapai lebih dari Rp 235 triliun. Pengumuman penting ini disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, dalam acara Sewindu PSN di Kota Kasablanka, Jakarta, beberapa hari lalu.

Berikut adalah daftar proyek-proyek megah yang akan segera diresmikan oleh Presiden:

1. Tol Serpong-Cinere (Rp 3,8 Triliun)

Dalam upaya meningkatkan konektivitas dan mobilitas di wilayah Jabodetabek, proyek tol Serpong-Cinere senilai Rp 3,8 triliun akan segera menjadi kenyataan.

2. Tol Cinere-Jagorawi Seksi 3 (Rp 3,21 Triliun)

Bagi mereka yang sering menggunakan jalan tol Cinere-Jagorawi, kabar baik datang dengan resmi dibukanya seksi 3 proyek ini, yang senilai Rp 3,21 triliun.

3. Tol Pasuruan-Probolinggo (Rp 6,36 Triliun)

Di Jawa Timur, tol Pasuruan-Probolinggo dengan anggaran sebesar Rp 6,36 triliun akan meningkatkan konektivitas dan mempercepat pertumbuhan ekonomi regional.

**4. PSN di Banda Aceh (Rp 12,5 Triliun)**

Banda Aceh akan menjadi tuan rumah proyek spektakuler senilai Rp 12,5 triliun yang akan memberikan dorongan besar bagi pembangunan di wilayah ini.

5. Tol Simpang Indralaya Muara Enim Prabumulih (Rp 24 Triliun)

Proyek tol Simpang Indralaya Muara Enim Prabumulih dengan anggaran sebesar Rp 24 triliun akan memberikan akses lebih cepat dan lancar di Sumatera Selatan.

Akan ada juga proyek-proyek lain yang akan mendapat perhatian serius dari Presiden, termasuk kawasan pariwisata Labuan Bajo (Rp 2,8 triliun), Katalis Merah Putih di Cikampek (Rp 280 miliar), dan kawasan industri Weda Bay dengan total investasi mencapai Rp 183 triliun.

Dengan tambahan 8 PSN ini, Presiden Jokowi akan menambah prestasi cemerlangnya dalam menyelesaikan proyek-proyek strategis selama masa jabatannya. Menurut Menteri Airlangga, selama 8 tahun pemerintahan Jokowi, telah selesai 161 PSN dengan total nilai proyek mencapai Rp 1.134,9 triliun. Bahkan lebih mengesankan lagi, proyek-proyek ini telah menciptakan lapangan kerja bagi 11 juta orang di seluruh Indonesia.

Proyek-proyek PSN tersebut tersebar di sejumlah pulau di Indonesia, memberikan dampak positif pada berbagai wilayah, termasuk Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Jawa, Bali Nusa Tenggara, Maluku, dan Papua. Dengan meresmikan proyek-proyek ini, diharapkan akan terus meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kualitas hidup masyarakat di seluruh negeri.

 

CNBC Indonesia

Komentar