Wakil Presiden Ma’ruf Amin Tinggalkan Tanah Air untuk Kunjungi Tiongkok

Jakarta – Wakil Presiden Ma’ruf Amin bersama Ibu Wury Ma’ruf Amin telah berangkat ke Republik Rakyat Tiongkok (RRT) hari Kamis, 14 September 2023, untuk menjalani serangkaian kunjungan kerja. Pesawat yang membawa rombongan terbatas tersebut lepas landas dari Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, menuju Bandara Internasional Fuzhou Changle, Fuzhou, Fujian, RRT pada pukul 09.00 WIB.

Dalam kunjungannya selama beberapa hari ke depan, Wakil Presiden Ma’ruf Amin akan mengunjungi tiga kota utama di Tiongkok, yaitu Fuzhou, Nanning, dan Shanghai. Ini adalah langkah penting untuk memperkuat hubungan diplomatik dan bisnis antara kedua negara.

Di Kota Fuzhou, Provinsi Fujian, Wakil Presiden akan menjalankan berbagai agenda penting, termasuk pertemuan dengan Sekretaris CPC Komite Provinsi Fujian, Zhou Zuyi. Pertemuan ini merupakan respons atas kunjungan Zhou Zuyi ke Indonesia pada Mei lalu. Wakil Presiden Ma’ruf Amin juga akan bertemu dengan pengusaha Fujian yang bergerak di sektor halal, seperti makanan produk kelautan, minuman, dan logistik rantai pasok makanan beku. Langkah ini sejalan dengan cita-cita Indonesia untuk menjadi produsen barang-barang halal terbesar di dunia.

Di Kota Nanning, Wilayah Otonomi Guangxi, Wakil Presiden akan menjalankan “courtesy call” dengan Premier RRT Li Qiang dan bertemu dengan Gubernur Daerah Otonomi Guangxi Zhuang, Lan Tianli. Wakil Presiden juga akan hadir pada Pembukaan China-ASEAN Expo (CAEXPO) 2023 dan 20th China-ASEAN Business Investment Summit di Osmanthus Hall, Nanning International Convention and Exhibition Center (NICEC). Acara ini menjadi platform penting bagi pengusaha ASEAN dan Tiongkok untuk menjalin kesepakatan bisnis yang saling menguntungkan.

Selain itu, Wakil Presiden Ma’ruf Amin akan menyampaikan pidato di hadapan para delegasi dan pengusaha dari negara-negara ASEAN dan Tiongkok. Pidato ini akan membahas hubungan bisnis antara ASEAN, khususnya Indonesia, dengan Tiongkok.

Setelah menghadiri CAEXPO 2023, Wakil Presiden akan meresmikan Pembukaan Paviliun “City of Charms of Indonesia” dan Paviliun “Komoditas Indonesia” di NICEC. Premier Li Qiang juga dijadwalkan hadir pada acara tersebut. Ini adalah kesempatan besar untuk mempromosikan kekayaan budaya dan produk Indonesia kepada pengunjung Tiongkok.

Kunjungan kerja Wakil Presiden Ma’ruf Amin juga mencakup kunjungan ke Kantor Perwakilan Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika (LPPOM) Majelis Ulama Indonesia (MUI) di Shanghai Al Amin Co. Ltd, Kangxin Rd. Pudong, Shanghai. Di sini, Wapres akan bertemu dengan jajaran LPPOM MUI dan pejabat Shanghai Al Amin Co. Ltd. Wakil Presiden juga akan berdiskusi dengan pengusaha Shanghai yang bergerak di sektor halal dan mengajak mereka untuk berinvestasi di Indonesia.

Kunjungan ini diakhiri dengan acara Dialog Kebangsaan bersama para diaspora Indonesia di Shanghai. Wakil Presiden dijadwalkan kembali ke tanah air pada tanggal 19 September 2023.

Komentar