Presiden Joko Widodo (Jokowi) Memuji Inovasi Gemilang dalam Dies Natalis IPB ke-60

Bogor – Hari ini, Institut Pertanian Bogor (IPB) merayakan Dies Natalisnya yang ke-60 dengan penuh kebanggaan di Kampus IPB Dramaga, Bogor, Jawa Barat. Acara istimewa ini disemarakkan oleh kehadiran Presiden RI, Joko Widodo, yang memberikan apresiasi luar biasa terhadap peran IPB dalam menjawab tantangan-tantangan bangsa. Jum’at, 15 September 2023.

“Saya ingin menyampaikan kepada keluarga besar Institut Pertanian Bogor, selamat Dies Natalis yang ke-60. Semoga IPB semakin jaya dan semakin kontributif untuk memecahkan permasalahan bangsa dan berkontribusi untuk kemajuan bangsa,” ujar Presiden Jokowi dalam sambutannya.

Namun, sorotan sebenarnya jatuh pada sejumlah inovasi menakjubkan yang telah dihasilkan oleh IPB, terutama dalam memajukan sektor pertanian. Presiden Jokowi terkesima melihat cabai merah berukuran besar, bibit padi khusus untuk daerah tandus, dan produk-produk seperti garam dan rumput laut dengan kemasan yang sangat modern.

“Saya tadi waktu masuk sudah ditunjukkan oleh Pak Rektor, banyak sekali inovasi-inovasi yang menghilirkan hilirisasi dari inovasi bisa masuk ke industri dan saya harus menyampaikan apa adanya, luar biasa,” ujar Presiden dengan penuh antusias.

Yang patut dicatat adalah bibit padi unggulan IPB yang mampu bertahan di lahan tandus, serta cabai merah berukuran besar yang bisa memajukan sektor pertanian secara signifikan. Bahkan, IPB juga berhasil mengemas produk-produk ini dengan desain kemasan modern dan brand yang menarik.

Presiden Jokowi juga tak lupa memberi arahan kepada jajarannya untuk memanfaatkan produk-produk inovatif ini sebaik mungkin. “Ini Pak Menteri Pertanian yang beras tadi diambil itu, yang cabai gede-gede juga diambil, berikan ke petani sebanyak-banyaknya, wong barangnya jelas sekali,” tegasnya.

Kunjungan ini juga dihadiri oleh sejumlah menteri seperti Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Makarim, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, serta beberapa pejabat tinggi lainnya. Rektor IPB University, Arif Satria, bersama jajaran sivitas akademika IPB ikut hadir dalam acara tersebut.

Komentar