Menteri Pemuda dan Olahraga Indonesia Raih Kenaikan Dana Sebesar Rp 3 Miliar untuk Tahun 2024

Jakarta – Hari ini, Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Dito Ariotedjo, dan timnya melakukan Rapat Kerja (Raker) dengan anggota Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI). Pertemuan ini menghasilkan kabar menggembirakan karena menyoroti peningkatan alokasi dana yang signifikan untuk Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun 2024.

Menpora Dito Ariotedjo mengucapkan terima kasih kepada semua fraksi Anggota Komisi X DPR RI atas persetujuan RKA-K/L Kemenpora yang telah mengalami peningkatan signifikan. Pagu anggaran awal Kemenpora untuk tahun 2024 adalah sebesar Rp 2.019.137.744.000. Namun, setelah pembahasan dengan Badan Anggaran DPR RI, anggaran tersebut naik menjadi Rp 2.022.459.045.000, mewakili kenaikan sekitar Rp 3 miliar lebih.

“Terima kasih kami ucapkan karena seluruh fraksi telah menyetujui terkait APBN Kemenpora TA 2024. Sekali lagi terima kasih karena alhamdulillah Kemenpora mendapatkan kenaikan sebesar Rp 3 miliar lebih untuk gaji,” ujar Menpora Dito Ariotedjo di Ruang Rapat Komisi X DPR RI. Selasa, 12 September 2023.

Peningkatan ini menjadi berita baik bagi Kemenpora, karena akan memungkinkan mereka untuk lebih efektif dalam mendukung pembangunan pemuda dan olahraga di Indonesia. Meskipun ada penurunan sekitar 20% jika dibandingkan dengan anggaran tahun 2023, hal ini dianggap sebagai langkah positif menuju pemberian dukungan yang lebih besar untuk sektor penting ini.

Rapat Kerja ini dipimpin oleh Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Dede Yusuf, bersama dengan anggota lainnya, dan fokus pada penyesuaian Rencana Kerja dan Anggaran Kementerian/Lembaga (RKA-K/L) tahun 2024 sesuai hasil pembahasan Badan Anggaran DPR RI. Komisi X DPR RI dan Kemenpora RI sepakat bahwa program-program strategis nasional dan yang bermanfaat bagi masyarakat akan dilaksanakan oleh Kemenpora, dengan memperhatikan masukan dan pandangan dari Komisi X DPR RI sesuai dengan pembahasan RAPBN 2024 yang telah dilakukan.

Komentar