Bekerja di Siang Hari? Yuk, Cegah Kantuk dengan Tips Ini!

Banda Aceh – Ketika menjalani rutinitas kerja di kantor pada siang hari, tidak jarang kita merasa ngantuk setelah jam makan siang. Namun, rasa kantuk ini dapat berdampak negatif pada produktivitas kita. Berikut ini adalah beberapa penyebab dan tips yang bisa membantu Anda menghilangkan rasa ngantuk saat bekerja:

Rasa ngantuk saat bekerja bisa dipengaruhi oleh pola tidur dan pola makan kita. Kurang tidur akan membuat kita merasa lelah dan mengantuk. Namun, jika kita sudah cukup tidur tetapi masih merasa mengantuk, kemungkinan penyebabnya adalah pola makan yang buruk. Dehidrasi juga dapat memengaruhi tingkat energi kita, terutama jika kita kurang tidur.

Tips Menghilangkan Ngantuk Saat Kerja

  1. Sedikit Kafein

Jika kamu merasa lesu dan ngantuk di tempat kerja, segelas kopi mungkin bisa menjadi penambah energi yang kamu perlukan untuk menyelesaikan pekerjaan. Kafein bersifat stimulan, artinya meningkatkan aktivitas di otak dan sistem saraf. Ini dapat meningkatkan kemampuan berpikir dan kinerja mental, serta membantu kamu melawan rasa kantuk.

Pergilah ke ruang istirahat untuk minum kopi, atau berjalan-jalan sebentar ke kafe lokal. Berhati-hatilah untuk tidak berlebihan. Minum terlalu banyak kafein dapat membuat kamu terstimulasi secara berlebihan dan membuat kamu gelisah, yang mungkin memengaruhi tingkat produktivitas kamu.

  1. Tidur Siang

Terkadang, memejamkan mata adalah satu-satunya cara menghilangkan ngantuk saat kerja. Jika kamu harus memejamkan mata, lakukan power nap sebentar saat istirahat makan siang. Sandarkan kepala di meja kerjamu. Tidur siang selama 15 atau 30 menit mungkin memberi kamu cukup energi untuk menjalani hari. Jangan lupa menyetel jam alarm untuk mengatur waktu bangun.

  1. Jalan-Jalan Sebentar

Duduk terlalu lama di satu tempat dapat memperburuk rasa kantuk di siang hari. Bangkit dari tempat kerjamu secara berkala dan berjalan-jalan membuat darah kamu mengalir. Ini juga dapat membantu kamu tetap terjaga dan berkonsentrasi pada pekerjaan.

Memang benar, kamu mungkin tidak bisa jauh dari meja kerja terlalu lama. Kamu bisa kreatif dan bergerak di mejamu. Mungkin gelisah atau menggoyangkan kakimu sambil duduk di kursi. Kamu juga bisa berjalan-jalan di ruangan kantor sambil berbicara dengan rekan kerja.

  1. Dengarkan Musik Ceria

Jika ngantuk saat bekerja, harus melakukan pekerjaan dalam diam bisa menjadi hal yang membosankan. Kamu mungkin merasa seolah-olah akan tertidur kapan saja. Untuk membangunkan otak, dengarkan musik yang ceria.

  1. Makan Siang Ringan

Jika sering mengalami kantuk di siang hari, makan siang yang banyak bisa memperburuk keadaan. Lakukan yang terbaik untuk menghindari camilan manis, soda, atau karbohidrat seperti roti putih dan pasta. Makan siang ringan untuk menjaga energi. Pilih sumber energi yang lebih sehat. Ini termasuk telur rebus, ayam, buah beri, kacang-kacangan, sayuran, dan biji-bijian.

  1. Jaga Ruang Kerja Tetap Terang

Jika kamu beruntung bekerja di ruangan yang memiliki jendela, buka tirai dan biarkan cahaya alami masuk. Sinar matahari di kantor dapat meningkatkan energi. Jika kamu tidak memiliki jendela di dekat ruang kerja, dapatkan izin untuk membawa lightbox dan letakkan di dekat meja. Ini memancarkan sinar UV tingkat rendah dan membantu mengatur siklus melek sehingga kamu tidak terlalu mengantuk.

  1. Percikan Air Dingin ke Wajah

Jika kamu kesulitan untuk tetap terjaga di tempat kerja, pergilah ke kamar mandi dan percikkan air dingin ke wajah. Peretasan yang cepat dan sederhana ini dapat menyegarkan kamu kembali dan memberikan semangat yang sangat kamu butuhkan.

  1. Tetap Sibuk

Kantuk saat kerja dapat diperburuk oleh terlalu banyak waktu istirahat. Tergantung pada sifat pekerjaan, kamu mungkin mengalami saat-saat ketika tanggung jawabmu lebih sedikit. Tanpa banyak melakukan pekerjaan, kamu mulai merasa lebih lelah. Mintalah tanggung jawab ringan kepada atasan kamu, jika memungkinkan. Kamu mungkin dapat membantu pekerjaan tambahan.

  1. Minum Air

Dehidrasi dapat menyebabkan rasa ngantuk. Salah satu cara menghilangkan ngantuk saat kerja adalah pastikan kamu cukup minum air selama hari kerja.

  1. Istirahat Cukup

Pastikan kamu mendapatkan tidur yang cukup di malam hari, sekitar 7-9 jam tidur per malam. Saat bekerja, jika memungkinkan, luangkan waktu untuk istirahat sebentar selama 5-10 menit untuk merilekskan mata dan otakmu. Jadwalkan istirahat singkat selama hari kerja untuk melepaskan stres dan mengembalikan energi.

Dengan mengikuti tips ini, Anda dapat mengatasi rasa ngantuk dan meningkatkan produktivitas Anda selama jam kerja. Selamat mencoba!

 

Detik

Komentar