penyusunan RPJP Kabupaten Aceh Tenggara

Aceh Tenggara – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kabupaten Aceh Tenggara mengadakan Konsultasi Publik persiapan penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) untuk 20 tahun kedepan, acara ini berlangsung di Gedung Opprom Sekdakab, Jum’at (8/9/2023).

Turut hadir Pj Bupati Dr. Syakir, M.Si., Plt Sekda Yusrizal, ST., Asisten I, Kepala BAPPEDA, Sektaris BAPPEDA Saripudin, Anggota DPR RI, H.M. Salim Fakhri, S.E., M.M., para Toko-tokoh, para OPD, Camat serta Tim Ahli Penyusun RPJP, dan para tamu undangan lainnya.

Acara dimoderatori oleh Kepala BAPPEDA, selaku Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Aceh Tenggara, dalam proses penyusunan RPJP disampaikan untuk mengingat pentingnya komitmen bersama dalam penyusunan dokumen.

Dalam pemaparan Pj Bupati Drs. Syakir, M.Si., mengatakan ” Menindaklanjuti arahan Mendagri dan BAPPENAS yang mewajibkan daerah untuk menyusun RPJP secara serentak di seluruh Indonesia Tahun 2023 “, tujuannya untuk mengsinkronkan dengan kebijakan pusat, provinsi dan kabupaten/kota. Maka Kabupaten Aceh Tenggara mulai tahun 2023 ini akan melaksanakan penyusunan Rancangan Awal Rencana Pembangunan Jangka Panjang untuk Tahun 2025-2045.

” Saya berharap kepada kita semua agar dapat mendukung Tenaga Ahli beserta BAPPEDA dalam rangka menyusun rancangan awal RPJP Kabupaten Aceh Tenggara Tahun 2025-2045 sehingga dapat menghasilkan dokumen pembangunan yang bermutu dan tepat sasaran selama 20 tahun ke depan “, namun pada sisi pertumbuhan ekonomi, Aceh Tenggara masih perlu usaha keras untuk mewujudkan mimpi-mimpi besar, sehingga dapat membuka lapangan kerja dan peningkatan pendapatan perkapita masyarakat, ucap Pj Bupati Syakir.

Konsultasi RPJP 2025-2045 ini adalah sebuah perencanaan dengan kasus data yang ada sekarang, dengan semua aspek masyarakat, dan kita berharap rancangan rencana-rencana ini disusul dampak ke arah undang-undang kemajuan kepada Negara agar lebih baik ke depannya, tambahnya

Pj Bupati Drs. Syakir, M.Si., Menanggapi masukan-masukan yang disampaikan oleh para tokoh-tokoh dalam konsultasi publik, Pemerintah fokus ke depan dalam pembangunan Kabupaten Aceh Tenggara, penekanan pada alat pertanian yang lebih, termasuk di dalamnya kualitas pertanian, sektor-sektor gamping, termasuk pariwisata dan lainnya, tentunya daerah menjadi bahan bagi sektor utama.

Plt Sekda Yusrizal, ST., mengucapkan banyak terimakasih kepada para tokoh-tokoh masyarat, sebagai tokoh senior, dan kepada beberapa mantan Bupati, atas terlaksananya rancangan RPJP Tahun 2025-2045 jadi ini sangat bermanfaat bagi tim penyusun, tentunya ini akan menjadi referensi untuk perbaikan-perbaikan daripada rencana awal ini, sampai nanti penyusunan untuk menjadi rancangan akhir sebelum dijadikan, tuturnya

Untuk hari Senin yang akan datang ini akan direncanakan adanya pembahasan awal tentang kajian strategis sebagaimana ini merupakan salah satu data, salah satu pembahasan yang ada di Kabupaten Aceh Tenggara, dan tentunya akan ada juga beberapa pendiri yang akan dilaksanakan, yang melibatkan berbagai lapisan masyarakat, tutup Plt Sekda Yusrizal.***

Komentar