Banjir Melanda 5 Desa di Simeulue, Ratusan Rumah Terendam Air

SINABANG – Kabupaten Simeulue, dilanda banjir hebat yang mengakibatkan ratusan rumah warga terendam air. Banjir ini telah meresahkan lima desa dari tiga kecamatan yang ada di wilayah tersebut. Intensitas hujan yang tinggi sejak Sabtu (2/9/2023) menjadi penyebab utama meluapnya air ke bahu jalan serta penumbangan pohon di beberapa lokasi.

Lima desa yang terkena dampak banjir adalah Gampong Abail di Kecamatan Teupah Tengah, Gampong Labuhan Bakti, Gampong Latiung, dan Gampong Alus-alus di Kecamatan Teupah Selatan, serta Gampong Suak Buluh di Kecamatan Simeulue Timur. Meskipun kejadian ini mengakibatkan ratusan rumah terendam air, beruntungnya tidak ada korban jiwa yang dilaporkan.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Simeulue segera bertindak cepat dengan mengerahkan perahu karet ke lokasi banjir untuk membantu evakuasi masyarakat yang rumahnya tergenang banjir. Penjabat Bupati Simeulue, Ahmadlyah, bersama dengan sejumlah unsur Forkopimda, turut mengunjungi lokasi banjir di Desa Abail, Kecamatan Teupah Tengah, pada Ahad (3/9/2023) guna memantau situasi dan memberikan dukungan kepada warga yang terdampak.

BPBD Simeulue mencatat bahwa ada lima desa yang terkena dampak banjir, dengan ketinggian air bervariasi antara 30 hingga 120 centimeter. Banjir ini juga mengganggu akses jalur kendaraan roda dua maupun empat di beberapa titik, termasuk di wilayah Desa Abail, Kecamatan Teupah Tengah.

Curah hujan yang tinggi sejak Sabtu malam menjadi penyebab utama peristiwa banjir ini. Meskipun tidak ada laporan korban jiwa, ratusan rumah terendam banjir dan beberapa akses jalan terganggu. BPBD Simeulue terus berkoordinasi dan berupaya untuk mengatasi dampak banjir serta membantu warga yang terdampak.

INFOACEH.NET

Komentar