Dalam Upaya Mencegah Urbanisasi Berlebihan, Desa Mane Tunong Meraih Juara III Regional

Jakarta – Upaya pemerintah Indonesia untuk mencegah urbanisasi berlebihan semakin menunjukkan hasil konkret dengan penghargaan yang diberikan kepada Desa Mane Tunong, Kabupaten Aceh Utara. Desa ini baru-baru ini berhasil meraih juara ketiga dalam lomba desa tingkat regional tahun 2023 yang diadakan oleh Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa (Pemdes) di bawah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Desa Mane Tunong adalah salah satu contoh sukses dari upaya pembangunan desa dan kelurahan di Indonesia yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di pedesaan. Dengan meraih posisi juara ketiga dalam kompetisi tersebut, Desa Mane Tunong berhasil menunjukkan inovasi dan pembangunan yang berkelanjutan dalam lingkup pemerintahan desa dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Penghargaan ini diberikan sebagai bagian dari Program Penguatan Pemerintahan dan Pembangunan Desa (P3PD), yang dirancang untuk memberikan dorongan kepada desa dan kelurahan dalam mengembangkan diri serta mencegah migrasi besar-besaran penduduk ke kota-kota besar. Urbanisasi yang berlebihan telah menjadi permasalahan di beberapa negara maju seperti Jepang dan Korea Selatan, di mana sebagian besar penduduk berbondong-bondong menuju kota besar, meninggalkan desa-desa yang sepi.

Menteri Dalam Negeri, Muhammad Tito Karnavian, dalam sambutannya menjelaskan pentingnya pembangunan desa dan kelurahan untuk mencegah fenomena urbanisasi berlebihan seperti yang dialami oleh negara-negara lain. “Sebelum hal ini terjadi, kita perlu mengembangkan desa dan kelurahan, sehingga masyarakat bisa nyaman di desa, dekat dengan alam, tetapi rejeki kota,” kata Mendagri. Selasa, 15 Agustus 2023.

Dalam kompetisi ini, Desa Mane Tunong berhasil bersaing dengan desa-desa dari wilayah Sumatera lainnya. Keberhasilan Desa Mane Tunong memberikan inspirasi kepada masyarakat desa di seluruh Indonesia untuk mengembangkan potensi lokal mereka dan meningkatkan kualitas hidup di tempat tinggal mereka sendiri.

Penghargaan ini juga menjadi bukti bahwa upaya penguatan pemerintahan desa dan kelurahan serta kolaborasi antarwilayah dapat memberikan dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat pedesaan. Program P3PD diharapkan akan terus memberikan dukungan dalam upaya membangun semangat kompetisi dan kolaborasi di antara desa-desa dan kelurahan di seluruh Indonesia.

 

Sumber : Antara

Komentar