Jalan multiyears (MYC) Blangkejeren Kabupaten Abdya tepatnya di Bur Nipis kembali menelan korban

GAYO LUES – Jalan multiyears (MYC) Blangkejeren–Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) tepatnya di Bur Nipis, Desa Persada Tongra, Kecamatan Terangun kembali menelan korban.

Pasalnya, dua unit mobil bus Mitsubishi Canter nomor polisi BG 7144 DA dan BG 7152 DA mengalami kecelakaan di jalan penurunan Bur Nipis tersebut, Minggu, 30 Juli 2023.

Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Gayo Lues, Ibnu Hasyim saat dikonfirmasi lewat sambungan seluler. Berdasarkan informasi yang dia terima dalam peristiwa kecelakaan itu, satu pengemudi dilaporkan meninggal dunia.

“Menurut informasi, kedua mobil tersebut saling beriringan dari arah Blangkejeren ke Abdya, tepatnya di penurunan Bur Nipis, kedua mobil hilang kendali hingga masuk kedalam jurang,” katanya.

Ibnu mengatakan, di lokasi Bur Nipis sudah berulang kali terjadi kecelakaan. Beberapa waktu lalu, dua orang meninggal dunia yakni pengemudi dan penumpang.

“Kali ini kembali terjadi. Kami sangat prihatin atas kondisi tersebut, dan hal itu tidak bisa dibiarkan harus ada perhatian khusus,” ujar Ibnu.

Menurut Ibnu Hasyim, penyebab terjadinya kecelakaan di perlintasan itu diakibatkan kurang cermatnya perencanaan proyek pembangunan jalan MYC tersebut.

“Kemudian kurangnya pengawasan pembangunan jalan, belum maksimalnya pemasangan rambu–rambu dan pengerjaan proyek secara asal–asalan,” ucapnya.

Ibnu menyebutkan akibat pengerjaan proyek jalan asal–asalan, Pemerintah dalam hal ini Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Aceh tidak mempunyai rasa malu terhadap kondisi tersebut.

“Bayangkan saja, ratusan miliar uang rakyat sudah habis untuk pembangunan jalan Blangkejeren-Abdya, tapi apa yang dirasakan masyarakat, sengsara jadinya. PUPR Aceh tak punya rasa malu,” tegasnya.

Padahal dikatakan Ibnu, dirinya sudah beberapa kali mengkritik soal ruas jalan tersebut, namun tidak ada tanggapan sama sekali dari pihak–pihak terkait.

Sementara itu, Kapolres Gayo Lues, AKBP Efrianza melalui Kasat Lantas, Iptu Syafaruddin saat dikonfirmasi membenarkan peristiwa kecelakaan yang terjadi di Bur Nipis pada Minggu, 30 Juli 2023.

“Benar ada kecelakaan tepatnya di perbatasan Blangkejeren-Abdya, di Bur Nipis. Namun, saat ini dalam proses evakuasi, nanti saya kabari kembali,” jawabnya singkat.

ajnn.net

Komentar