Polisi dan BPBAP Hibahkan 7 Ribu Benih Ikan di Neuhen Aceh Besar

BANDA ACEH – Balai Perikanan Budidaya Air Payau (BPBAP) Ujung Batee bersama Polresta Banda Aceh menghibahkan 7 ribu benih ikan kepada warga gampong Neuheun, Mesjid Raya, Aceh Besar, Rabu, 26/7/2023.

Kapolresta Banda Aceh, Kombes Pol Fahmi Irwan Ramli mengatakan, hibah ikan itu diharapkan dapat mengembangkan usaha perikanan air payau. Adapun ikan yang dihibahkan, kata dia, ikan nila sebanyak 4 ribu benih dan ikan bandeng 3 ribu benih.

“Di mana program ini biasanya dilakukan bekerjasama dengan lembaga perikanan, serta pihak swasta yang memiliki kepentingan dalam pengembangan sektor perikanan,” kata Fahmi, dalam keterangan tertulis.

Hibah benih ikan air payau tersebut, kata Fahmi, merupakan program yang dilakukan oleh Polresta Banda Aceh bersama BPBAP Ujung Batee. Program tersebut diharapkan dapat membantu masyarakat dalam mengembangkan ekonominya.

“Kita berharap dengan adanya program ini dapat mendukung Program pemerintah terkait dengan Ketahanan Pangan termasuk juga dengan pemberdayaan ekonomi masyarakat maupun sebagai sumber pendapatan tambahan,” ujarnya.

Pada prinsipnya, kata Fahmi, Polresta Banda Aceh siap bersinergi dengan dinas terkait maupun lembaga terkait dalam mengembangkan dan memberdayakan ekonomi masyarakat.

“Beberapa waktu lalu kami berkolaborasi dengan PUPR dalam membangun rumah bagi warga, dan hari sekarang, Polresta sendiri berkolaborasi bersama BPBAP Ujung Batee menghibahkan 7000 bibit ikan nila dan bandeng,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala BPBAP Ujung Batee, Manijo mengatakan, penyerahan benih ikan air payau kepada kelompok masyarakat dalam rangka mendukung ketahanan pangan program pemerintah. “Hal ini kita lakukan guna mendukung ketahanan pangan, perekonomian serta manfaat bagi masyarakat kedepannya,” katanya.

Manijo menyebutkan, penyerahan benih ikan yang dilakukan merupakan pemanfaatan lahan atau tambak kosong guna mendukung ketahan pangan. “Saya kira ini in line atau linear dalam program yang ada di Indonesia sesuai dengan tupoksi yang kami emban terkait pemberdayaan benih ikan air payau,” sebutnya.

Manijo berharap, para petani ikan dapat memanfaatkan benih ikan yang disalurkan guna memenuhi ketahanan pangan di kemudian hari. Dalam kegiatan tersebut, pejabat utama Polresta, Muspika Mesjid Raya, Warga Neuheun.

 

AJNN

Komentar