Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Kecamatan Lawe Sumur ke-39 Tahun 2023

Aceh Tenggara – Syukur Alhamdulillah kita haturkan kehadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan rahmat-Nya, sehingga kita semua dapat bertatap muka pada hari ini dalam rangka Pembukaan Lomba Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Kecamatan Lawe Sumur ke-39 tahun 2023 dalam keadaan sehat wal’afiat.

 

Hal itu disampaikan Camat Lawe Sumur Weldan Prahasandika Yuda, S.S.T.P., saat membuka Lomba MTQ se Kecamatan Lawe Sumur yang digelar di halaman Kantor Kecamatan Lawe Sumur,  Kabupaten Aceh Tenggara, Senin (24/7/2023).

 

Selain Camat Lawe Sumur, Weldan Prahasandika Yuda, S.S.T.P., pembukaan MTQ ini juga dihadiri oleh Sekretaris Camat Lawe Sumur, Makmur Jaya, S.E., Kapolsek Bambel, Danposramil Lawe Sumur, Imum Mukim dari 3 Kemukiman, Tokoh Agama, para Pimpinan Lembaga Pendidikan, Para Pengulu se Kecamatan Lawe Sumur beserta Perangkatnya, juga para hadirin undangan serta masyarakat setempat, dan 166 orang peserta dari 16 Desa Lawe Sumur.

 

Dilokasi pembukaan MTQ, acara diawali dengan pembacaan Ayat Suci Al Qur’an oleh Tengku H. Mulia Ardi, S.Pdi., serta membaca Do’a bersama yang dipimpin oleh Tengku Hardiansyah, M.Pd. dan dilanjutkan dengan penyerahan Surat Keputusa (SK) kepada 10 orang Dewan Hakim oleh Camat Lawe Sumur, serta disambut dengan pertunjukan hiburan dari Kumpulan Nasyid Sepakat Segenep Lawe Sumur, Pipinan Ibu Hadimah.

 

Yang menarik ternyata Napoleon memiliki hubungan erat dengan Islam, bahkan Napoleon pernah mengatakan “the principle of Qur’an with alone of tracking can lead man to happiness” maksudnya Al-Qur’an adalah prinsip dan merupakan satu-satunya kitap suci yang dapat mengantarkan kepada kebahagiaan, kata Camat Weldan Prahasandika Yuda, mengawali sambutannya dalam pembukaan acara tersebut.

 

Musabaqah Tilawatil Qur’an se Kecamatan Lawe Sumur ke-39 tahun 2023 merupakan kegiatan Syi’ar Islam, yang dilaksanakan sebagai upaya pembinaan bagi generasi muda terutama pelajar dalam hal Tilawah, Hifdzil, Fahmil, Syarhil dan Khat Al-Qur’an.

 

Kegiatan ini juga mewujudkan wahana yang ideal untuk mempererat tali silaturahmi dan ukhuwah islamiyah, serta memperkokoh persatuan dan kesatuan bagi masyarakat di Kecamatan Lawe Sumur, sehingga akan tumbuh rasa solidaritas antar sesama.

 

Disamping itu, dengan semakin berkembangnya kegiatan keagamaan di kalangan masyarakat, akan semakin meningkatkan keimanan dan ketaqwaan yang akan mampu menangkal segala macam perilaku negatif, menjauhkan generasi muda dan masyarakat kita dari pengaruh dan Bahaya Narkoba, ucap Weldan.

 

Sebelum membuka acara, Camat Lawe Sumur Weldan juga menyampaikan, bahwa peserta yang mendapatkan juara dari masing-masing cabang dan kategori akan dilakukan pembinaan menjadi Tim/Kafilah Kecamatan, yang akan diperlombakan pada MTQ tingkat Kabupaten Aceh Tenggara yang di awal bulan Agustus mendatang.

 

Diketahui, pembukaan MTQ tingkat Kecamatan Lawe Sumur dengan peserta yang telah mendaftar 166 orang, dari 5 cabang pertandingan dan 30 kategori, sedangkan titik lokasi terbagi 4 bagian, diantaranya Masjid Jami Lawe Sumur untuk cabang Hifzli Qur’an, sementara Min Lawe Sumur untuk cabang Fahmil Qur’an, sedangkan Kantor KB Lawe Sumur untuk cabang Khat dan Kantor Camat Lawe Sumur untuk Cabang Tilawah, Tartil dan Syahril.

 

 

Penulis : Akbar

Komentar