Kreatif! IRT Raup Cuan dari Berbagai Olahan Pisang Varian Rasa

Olahan pisang memang dapat dijadikan banyak jenis cemilan. Misalnya pisang goreng, pisang bakar, pisang cokelat, kolak, banana bread dan lainnya. Malah bisa dikombinasikan dengan berbagai bahan lainnya.

Berbeda dengan salah satu pelaku UMKM
Riza Rahmatullah yang merupakan owner Banana Seru. Ia menyulap jajanan dari pisang sale menjadi camilan gurih yang menggiurkan.

Ia sudah menggeluti usaha pisang sale sejak tahun 2015. Awal mulanya, usaha ini merupakan milik ibu mertuanya, namun usaha tersebut sudah dilanjutkan dirinya bersama sang istri.

Ya, sale pisang namanya, camilan pisang ini biasanya menjadi buah tangan wisatawan. Cara pembuatan tergolong mudah yaitu dengan menjemur dibawah sinar terik matahari gunanya untuk menurunkan kadar air dari pisang tersebut.

 

Setelah kering pisang tersebut baru dipanggang atau di goreng. Untuk menambah varian rasa, bisa memberikan tambahan topping seperti coklat, tiramisu, greentea dan lain-lain.

Sekali produksi ia bisa menghabiskan sebanyak lima tandan pisang Wak atau sekitar 40 sisir pisang yang didatangkan dari Nias. Produk pisang sale tersebut sering ia titipkan di warung dan swalayan terdekat.

Untuk varian rasanya ada tiga rasa yaitu coklat, greentea dan tiramisu. Sementara itu, adapun harganya tergolong relatif murah hanya Rp 10 ribu dan sudah mendapatkan delapan pcs.

“Kalau untuk harga reseller beda lagi, kita jualnya Rp 8 ribu,” sebutnya.

Saat ini Riza juga aktif mengikuti berbagai kegiatan yang diadakan oleh pemerintah, baik pelatihan, pameran dan lainnya. Selain berjualan secara offline, ia juga mempromosikan produknya di sosial media Instagram @banana_seru

Adapun alamat produksi berada di Meulaboh, selain itu, pisang sale banana seru ini telah terjual diluar kota Meulaboh seperti ke Blangpidie, Subulussalam, Langsa, Banda Aceh hingga Medan. Biasanya Riza memang sudah memiliki reseller tetap.

Komentar