Venue Cabor Arung Jeram PON 2024 Dipindah ke Pidie

ACEH TENGGARA – Asa Sungai Alas di Kabupaten Aceh Tenggara (Agara) untuk menjadi lokasi atau venue Cabang Olahraga (Cabor) Arung Jeram Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024 mendatang kandas. Informasi beredar, pertandingan akan digelar di Kabupaten Pidie.

Selain Cabor Arung Jeram, adapun tiga Cabor lainnya yang kabarnya juga disepakati dipertandingkan di Pidie, yaitu, sepatu roda, sepak bola dan kempo. 

Informasi pemindahan tersebut dibenarkan oleh Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Aceh, Kamarudin Abubakar atau Abu Razak. 

“Iya, betul, ” ucap Abu Razak saat dikonfirmasi via pesan WhatsApp, pada Minggu, 18 Juni 2023.

Sementara, berdasarkan Keputusan Gubernur Aceh Nomer: 426.2/990/2022 telah menetapkan Sungai Alas Aceh Tenggara sebagai lokasi Venue untuk Cabor Arung Jeram di wilayah Aceh. 

Menanggapi hal itu, Ketua Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI) Aceh Tenggara, Hasimi, mengaku kecewa dengan informasi lokasi Cabor Arung Jeram PON XXI Aceh-Sumut 2024 dipertandingkan di Pidie sudah disepakati. 

Menurutnya, Sungai Alas Aceh Tenggara sudah ditetapkan berdasarkan Keputusan Gubernur Aceh Nomer: 426.2/990/2022, beberapa waktu lalu.

Dipindahkannya lokasi venue ke Pidie, dinilainya ada pihak-pihak yang diduga mengabaikan Keputusan Gubernur Aceh tersebut. 

Padahal, beber Hasimi, adapun pertimbangan sebelum Aceh Tenggara ditetapkan sebagai tuan rumah yakni, karena kondisi sungainya yang dinilai cocok untuk Cabor Arung Jeram karena berada pada Grade III sampai dengan IV. 

Kemudian, sudah pernah dilaksanakan event Internasional dan Nasional, seperti Kejuaraan Arung Jeram Tahun 2008, Alas River Race International 2011, Alas River Rave 2016, Aceh International Rafting Championship 2017, Aceh International Rafting Championship 2018, Alas River Rafting Championship 2019, Alas River Rafting Championship 2022.

Selanjutnya, lokasi dekat dengan fasilitas kesehatan Postu Wisata Ketambe, Poskesdes Balai Lutu, Puskesmas Jambur Lak-Lak.  Selain itu dinilai dekat dengan fasilitas keamanan Pos Kepolisian Ketambe, Posramil Ketambe. 

Lanjutnya, tersedia akomodasi disekitar lokasi, tersedia jaringan telekomunikasi 2G, 3G dan 4G, tersedia rumah makan disekitar lokasi dan tersedia swalayan disekitar lokasi. 

“Apa alasan, sehingga Aceh Tenggara tidak disepakati sebagai lokasi venue Arung Jeram PON XXI Aceh-Sumut 2024 di wilayah Aceh?” Tanya Hasimi pada Minggu, 18 Juni 2023.

“Kita sangat kecewa sekali dengan kesepakatan tersebut. Sebenarnya apa yang saat ini terjadi? Bukan kah, Keputusan Gubernur Aceh Nomor: 426.2/990/2022, sudah jelas menetapkan Sungai Alas Aceh Tenggara sebagai tuan rumah untuk Cabor Arung Jeram pada Perhelatan PON XXI Aceh-Sumut 2024 di wilayah Aceh. Ini kok malah tiba-tiba disepakati dipertandingkan di Pidie, ada apa ini?”Ucap Hasimi.

Hasimi juga meminta kepada pihak terkait untuk menjelaskan alasan lokasi Cabor Arung Jeram PON XXI Aceh-Sumut 2024 mendatang tidak dipertandingkan di Aceh Tenggara dan disepakati di Pidie.

AJNN

Komentar