Dua Hari, Kebakaran Lahan Gambut di Nagan Raya Belum Padam

NAGAN RAYA – Tiga hektare lahan gambut yang terbakar di Gampong Sumber Bakti, Kecamatan Darul Makmur, Kabupaten Nagan Raya, hingga kini belum bisa diatasi. Padahal, api telah membakar daerah itu sejak Senin, 12 Juni 2023.

Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Nagan Raya, Irfanda mengatakan, tim berupaya melakukan pemadaman menggunakan mesin pompa dengan sumber air terbatas.

lokasi titik api diketahui usai muncul di aplikasi. Perangkat itu biasa digunakan untuk memonitor titik panas akibat adanya unsur berlebihan seperti kobaran api.

“Informasi diterima BPBD Nagan Raya dari personel Polres Nagan Raya sekitar pukul 16.30 WIB, ada kemunculan titik api di aplikasi pancang kuning, lokasinya di Desa Sumber Bakti, Kecamatan Darul Makmur,” kata Irfanda, Rabu, 14 Juni 2023.

Dikatakannya, usai ada pendeteksian dini pihaknya segera meluncur ke lokasi untuk memastikan, usai ditemukan titik api petugas juga mencari akses jalan agar bisa dilalui tim gabungan menuju titik api.

Sekitar 70 personel gabungan berada di lokasi kebakaran dan pihaknya juga mengerahkan empat unit mesin pompa air untuk memadamkan api.

“Total lahan yang terbakar sekitar lebih kurang 3 hektare, dan saat ini api baru dapat dipadamkan 20 persen. Sampai saat ini masih dalam proses pemadaman, apinya belum padam” ucapnya.

Sebab kondisi lahan gambut serta terbatasnya sumber air di lokasi kebakaran menjadi kendala petugas dalam melakukan upaya pemadaman.

Pihaknya mengimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada dan tidak membuka lahan dengan cara membakar.

AJNN

Komentar