Tim Gabungan Temukan Belasan Hektare Ladang Ganja Siap Panen di Hutan Lindung Nagan Raya

ACEH BARAT – Personel intelijen gabungan yang terdiri dari Badan Intelijen Negara (BIN), Badan Intelijen Strategis (BAIS) dan Detasemen Intelijen Kodam (Deninteldam) Iskandar Muda menemukan tanaman ganja yang ditanam di kawasan hutan lindung Kecamatan Beutong Ateuh Bengalang (BAB), Nagan Raya.

Informasi terpercaya , Senin, 10 Maret 2023 menyebutkan, ladang ganja tersebut pertama sekali ditemukan oleh salah seorang warga. Warga tersebut kemudian melaporkan kepada anggota BAIS TNI, selanjutnya anggota BAIS berkoordinasi dengan BIN dan Deninteldam IM guna pendalaman lebih lanjut. 

Laporan tersebut kemudian diteruskan kepada Komandan Korem 012 Teuku Umar. Atas perintah Danrem disusun tim yang melibatkan Tim Intel Korem, Unit Intel Kodim 0116 Nagan Raya dan Personel Yonif 116 Garda Samudra. Tim kemudian melakukan briefing untuk kesiapan dan kelengkapan sebelum melakukan penindakan di lapangan.

Pada 7 April 2023, tim gabungan sekira pukul 02.00 WIB dini hari, bergerak dari Kota Meulaboh menuju titik lokasi bersama masyarakat yang pertama menemukan ladang ganja tersebut. Perjalanan menggunakan kendaraan memakan waktu sekitar 3 jam dan tiba di pinggiran hutan pada pukul 05.00 WIB.

Perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki dengan melewati medan tanjakan hingga menyeberangi sungai. Tim tiba di lokasi pada pukul 14.00 WIB dan langsung menemukan lokasi awal dengan tiga titik ladang ganja siap panen dengan luasan perkiraan 15 hektare. 

Karena medan yang cukup sulit dijangkau, tim dengan perlengkapan lengkap lantas menginap di gubuk singgah selama dua malam. Sembari itu, mereka melakukan pemantauan dengan drone untuk menemukan titik lain. Hasilnya ditemukan 11 titik lainnya dengan perkiraan luasan mencapai puluhan hektare ladang ganja. 

Tim diperkirakan akan segera tiba kelokasi untuk melakukan pemusnahan ladang ganja tersebut.

AJNN

Komentar