Selain Harga, Pj Bupati Aceh Besar Juga Pantau Ketersediaan Sembako di Pasar Induk Lambaro

KOTA JANTHO – Hari ke-18 puasa Ramadhan 1444 H, Penjabat (Pj) Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto SSTP, MM kembali memantau harga dan ketersediaan komoditas Sembilan Bahan Pokok (Sembako) di Pasar Induk Lambaro, Kecamatan Ingin Jaya, Kabupaten Aceh Besar, Minggu (9/4/2023) pagi.

Iswanto mengatakan, seperti pada sebelumnya, setiap penertiban pasar, pihaknya juga turut berdialog dengan pedagang terkait harga bahan pokok yang ada di Pasar Induk Lambaro, dari beberapa pedagang yang ditanyai mengatakan, jika harga barang masih stabil.
“Alhamdulilah untuk ketersediaan stok sembako selama ini dapat dipastikan aman dan mencukupi, kita akan pantau terus perkembangannya, meskipun ada naik turun, tapi secara umum masih stabil dan yang paling penting stoknya ada,” ucapnya.

Pj Bupati Aceh Besar mengatakan kehadirannya bersama tim ke Pasar Induk Lambaro sebagai wujud perhatian pemerintah terkait perkembangan inflasi daerah, selain untuk memastikan dan menjaga agar pasokan harga di pasar tetap stabil, pemantauan ini memastikan ketersediaan barang bagi masyarakat dalam memenuhi kebutuhan menjelang meugang hari raya nanti.
“Kita bersama-sama melakukan upaya untuk mengendalikan harga beberapa komoditas yang berpotensi merangkak naik, apalagi meugang Idul Fitri hanya 10 hari lagi,” katanya.

Lebih lanjut, Iswanto berharap agar kehadiran pemerintah disini dapat memberikan dampak positif untuk memonitor stabilitas harga bahan pokok yang tidak memberatkan kantong masyarakat.
“Kita hadir untuk memastikan jika harga bahan pokok di Pasar Induk Lambaro ini tidak melonjak, begitu juga dengan stok barangnya tetap tersedia, melalui petugas pasar juga kita minta terus memantau terkait harga juga dengan ketertiban dan kebersihan lingkungan pasar, agar tercipta suasana jual beli yang nyaman dan sehat,” ungkap Iswanto.

Salah seorang pedagang bawang Khaizir (42) mengatakan harga bawang sampai saat ini masih stabil, tidak ada kenaikan dan stok barang juga tersedia sampai lebaran Idul Fitri.
“Harga bawang masih normal dan stoknya juga tersedia sampai Lebaran Idul Fitri,” tuturnya.

Adapun harga berbagai Sembako yang dijual hari ini di pasar Induk di jual bawang merah Rp 20 ribu, bawang bombai 30 ribu rupiah dan bawang lokal 35 ribu rupiah, bawang putih Rp 25 ribu, cabe rawit 20 ribu rupiah per kilo, cabe merah 28 ribu rupiah. Sementara itu harga daging sapi mencapai Rp 150 ribu perkg dan daging ayam 50 ribu / ekor. Harga beras medium berkisar Rp 11 ribu sedangkan beras premium Rp. 13 ribu dan bahan pokok lain juga normal tidak ada kenaikan.

Komentar