Shadow

Tertimbun Longsor,4 Pendulang Emas di Pidie Tewas


Banda Aceh – Empat pendulang emas tradisional di Geumpang, Pidie, Aceh, tewas tertimbun longsor. Jenazah keempat korban dibawa turun ke desa dengan digotong ramai-ramai.

“Keempat korban saat kejadian sedang mengindang emas di pinggir sungai. Di sana ada tebing sungai tinggi, jadi mereka mengeruk tebing,” kata Camat Mane, Bukhari, saat dikonfirmasi wartawan, Senin (12/7/2021).

Korban tewas adalah Fauzi Puteh (40), Martunis (28), Alfian (20), dan Hasbi (40). Keempatnya merupakan warga Kecamatan Mane.

Bukhari mengatakan keempat korban turun ke lokasi setelah mendapat informasi dari seorang warga bahwa di bawah tebing terdapat banyak emas. Ketika mereka turun, hujan deras sedang mengguyur.

“Sehingga tebing setinggi 5 meter yang dikeruk itu longsor. Mereka tertimbun,” jelas Bukhari.

Insiden itu terjadi pada Sabtu (10/7). Lokasi keempatnya mendulang emas tersebut terletak di tengah hutan yang berjarak sekitar 25 kilometer dari perkampungan Desa Bangkeh, Kecamatan Geumpang.

Usai kejadian, warga lain yang ikut mendulang emas turun ke perkampungan untuk mengabari masyarakat. Evakuasi keempat korban berhasil dilakukan pada Minggu (11/7) kemarin.

“Kemudian masyarakat ramai-ramai pergi ke lokasi untuk menjemput jenazah korban. Proses ini semua berlangsung di tengah hujan yang tidak berhenti,” ujar Bukhari.

“Proses pemulangan jenazah korban berlangsung lama karena harus digotong ramai-ramai,” lanjutnya.

Sumber : detik.com

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x