Shadow

Sebrangi Pulau Simeulue, BPJAMSOSTEK Meulaboh Ajak Para Nelayan Peduli Perlindungan Pekerja


Seputaraceh.id – Perlindungan Jaminan Sosial Tenaga Kerja terkhusus bagi para nelayan merupakan salah satu sektor yang masih memiliki kesadaran rendah, mengingat profesi sebagai nelayan merupakan sebuah profesi yang memiliki risiko kerja yang tergolong tinggi maka dari itu BPJAMSOSTEK Meulaboh melakukan tugasnya sebagai pelaksana program perlindungan sosial tenaga kerja yang diamanahkan oleh pemerintah untuk melakukan sosialisasi sebagai tahap awal penyuluhan pentingnya perlindungan jaminan sosial untuk para nelayan khususnya di Kabupaten Simeulue.

Perlu diketahui Kabupaten Simeulue merupakan salah satu wilayah kerja BPJAMSOSTEK Meulaboh yang merupakan sebuah pulau terpisah dari Pulau Sumatera sehingga untuk bisa sampai kesana memerlukan waktu lebih kurang 14 jam via kapal laut melalui pelabuhan Calang, Aceh Jaya.

Kegiatan yang dilakukan mulai tanggal 18 sampai 20 Mei 2022 dilakukan di aula masing-masing Kecamatan dengan total 5 kecamatan yang sudah dilakukan sosialisasi pada kunjungan kali ini.

Sosialisasi ini yang membahas dasar-dasar, pentingnya dan manfaat jaminan sosial tenaga kerja ini dihadiri oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP), Isdawati, S.Pi., Kepala Camat dan perwakilan kecamatan dari setiap kabupaten, polsek, danramil, panglima laot, penyuluh perikanan, dan para nelayan. Berdasararkan pengamatan terlihat peserta begitu antusias mengikuti jalannya kegiatan terutama dalam melakukan diskusi terkait program BPJS Ketenagakerjaan.

Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) melalui penyuluh perikanan juga akan membantu mensosialisasikan dan menyampaikan terkait manfaat program BPJAMSOSTEK agar seluruh nelayan dapat terdaftar menjadi peserta dan mendapatkan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan.

Achmad Ramli selaku Kepala BPJAMSOSTEK Meulaboh menyampaikan pentingnya jaminan sosial ketenagakerjaan bagi pekerja sektor bukan penerima upah, terutama nelayan.

Pada diskusi terkait program BPJAMSOSTEK ia juga menekankan himbauan dari Kepala DKP Kabupaten Simeulue bagi nelayan se Kabupaten Simeulue agar menjadi peserta BPJAMSOSTEK beserta manfaat yang akan didapatkan.

“Karena program ini nantinya akan sangat bermanfaat dan dapat membantu nelayan jika terjadi kecelakaan ketika bekerja, membantu ahli waris jika meninggal dunia, dan adanya manfaat beasiswa bagi peserta yang meninggal karena kecelakaan kerja, cacat total tetap karena kecelakaan kerja, maupun peserta yang meninggal dunia biasa dengan kepesertaan di atas 3 tahun,” Pungkas Ramli.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x