Shadow

Provinsi Aceh Bebas Zona Merah Covid-19


Banda Aceh – Provinsi Aceh tak lagi memiliki wilayah zona merah Covid-19 setelah Aceh Singkil turun status menjadi zona oranye atau wilayah dengan risiko sedang. Bahkan Aceh Tamiang, Aceh Timur, Pidie dan Aceh Jaya kini berstatus zona kuning.

“Dengan membaiknya penanganan pandemi di lima kabupaten tersebut, maka peta zonasi risiko penyebaran virus corona dan peningkatan kasus secara umum juga ikut terkoreksi.

Kini zona kuning di Aceh bertambah dari sembilan kabupaten/kota pada pekan lalu menjadi 13 kabupaten/kota saat ini,” kata Juru Bicara Satgas Covid-19 Aceh, Saifullah Abdulgani, Rabu (28/7/2021).

Saifullah melanjutkan, pada sepekan yang lalu Aceh Singkil menjadi satu-satunya wilayah zona merah di Provinsi Aceh. Belakangan kondisinya sudah membaik sehingga turun menjadi zona oranye.

“Sepekan yang lalu Kabupaten Aceh Singkil satu-satunya kabupaten zona merah di Provinsi Aceh, dan kini sudah turun ke zona oranye lagi,” kata dia.

Saat ini beberapa daerah zona kuning meliputi Aceh Tenggara, Aceh Tamiang, Aceh Timur, Bener Meriah, Bireuen, Pidie Jaya, Pidie, Aceh Jaya, Nagan Raya, Aceh Barat Daya, Aceh Selatan, Simeulue dan Kota Subulussalam.

Sedangkan 10 kabupaten/kota lainnya masih zona oranye yakni Langsa, Lhokseumawe, Aceh Utara, Gayo Lues, Aceh Tengah, Aceh Besar, Banda Aceh, Sabang, Aceh Barat, dan Kabupaten Aceh Singkil.

Menurut dia, meski situasi sudah zona kuning namun belum saatnya bagi warga melonggarkan protokol kesehatan (prokes). Perilaku sehat dan disiplin prokes terus ditingkatkan agar semua daerah menjadi zona hijau.

Kasus Covid-19 di Aceh telah mencapai 22.341 orang. Jumlah pasien yang dirawat atau isolasi mandiri sebanyak 4.794 orang, dan pasien sembuh sebanyak 16.588 orang.

Sedangkan kasus meninggal dunia mencapai 959 orang.

“Data kasus Covid-19 ini sudah termasuk kasus positif baru per hari ini yang bertambah lagi sebanyak 237 orang, pasien yang sembuh 40 orang, dan penderita meninggal dunia bertambah lagi sebanyak lima orang di Aceh,” ujarnya.

[Sumber : inews.id]

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x