Shadow

Program Donasi di Hari Jadi BPJS Kesehatan Ke 53


Langsa –  Dalam rangka memeriahkan hari jadi ke-53, BPJS Kesehatan melaksanakan Kegiatan Inovasi Pendanaan Program Donasi. Program donasi ini diberikan kepada 5300 Peserta di seluruh Indonesia, baik untuk pendaftaran peserta baru PBPU Kelas 3 maupun pembayaran iuran PBPU Kelas 3 yang  menunggak,Rabu (4/8/2021)

BPJS Kesehatan Cabang Langsa  adalah salah satu Kantor Cabang yang ikut ambil bagian dalam kegiatan donasi ini. Sri Yulizar Pohan, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Langsa mengatakan bahwa program donasi JKN-KIS ini memberikan peluang dalam membantu sesama yang membutuhkan uluran tangan untuk didaftarkan dan dibayarkan iurannya sebagai peserta JKN-KIS.

“Inovasi Pendanaan Program Donasi dilaksanakan dengan dua tahap, yaitu pengumpulan dana donasi internal BPJS Kesehatan dan dari Inovasi Pendanaan Program Donasi dan Crowdfunding melalui advokasi pihak eksternal dengan keterlibatan masyarakat, Badan Usaha dan/atau Badan Hukum lainnya untuk ikut serta memberikan donasi dengan mendaftarkan peserta baru dan membayarkan tunggakan iuran Peserta PBPU Kelas 3.

Penerima donasi dari donasi eksternal secara nasional ditargetkan berjumlah minimal 2.500 jiwa untuk donasi pendaftaran peserta baru PBPU Kelas 3 dan pembayaran tunggakan iuran PBPU Kelas 3 target nasional tersebut didistribusikan kepada 127 Kantor Cabang se-Indonesia,” ujar Sri.

Sri juga menambahkan, kegiatan ini diikuti 4 wilayah kerja BPJS Kesehatan Cabang Langsa dengan menerapkan protokol Kesehatan. Jumlah donasi yang terkumpul hingga tanggal 30 Juli 2021 adalah Rp. 27.097.764 dari 35 pemberi donasi.

Sri berharap semoga kegiatan ini bisa membantu masyarakat yang kurang mampu untuk dibayarkan iuran JKN-KIS nya. Program ini diharapkan juga dapat membangun kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap sesama, juga semakin banyak yang terlindungi jaminan kesehatannya. Di samping itu, menjadi motivasi bagi masyarakat, Badan Usaha, dan/atau Badan Hukum lainnya yang ikut berpartisipasi mendonasikan Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan maupun dana pribadinya untuk membantu masyarakat tidak mampu dalam kepesertaan JKN-KIS.

Senada dengan Sri, perwakilan dari Klinik Keluarga, Husaini sangat mengapresiasikan kegiatan Inovasi Pendanaan Program Donasi ini dan menurutnya sangat bagus.

“Di masa Pademi ini sangat banyak masyarakat yang kurang mampu membayar Iurannya, dengan dibuat program seperti ini kami bisa sedikit mengulurkan tangan untuk membantu masyarakat juga. Tentunya banyak tulang punggung yang dirumahkan, sehingga tidak berpenghasilan. Alhamdulillah BPJS Kesehatan sudah memikirkan sampai kesitu dan menghadiahkan inovasi seperti ini untuk masyarakat,” kata Husaini.

Salah seorang peserta, Supriyani merasa sangat terbantu sekali dengan adanya kegiatan Inovasi Pendanaan Program Donasi yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan.

“Sebelumnya saya mengucapkan terimakasih untuk BPJS Kesehatan dan donatur dalam kegiatan ini yang telah melunasi tunggakan iuran saya. Suami saya terkena sakit gula, sehingga benar-benar membutuhkan BPJS Kesehatan untuk berobat rutin dan juga uluran tangan untuk membantu melunasi tunggakan iuran saya,” tutup Supriyani.(adt)

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x