Shadow

Mudahkan Akses Informasi dan Penyampaian Keluhan, BPJS Siapkan SIPP di FKTP


SEPUTARACEH.ID — Dalam rangka memberikan kemudahan layanan informasi dan pengaduan seputar pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), BPJS Kesehatan menyediakan Saluran Informasi dan Penanganan Pengaduan (SIPP) di faskes primer atau FKTP. Hal tersebut seperti yang disampaikan pada acara Sosialisasi Implementasi Permintaan Informasi dan Penanganan Pengaduan yang dilaksanakan di Aceh Utara, Kamis (09/09/2021).

Kepala BPJS Kesehatan Kabupaten Aceh Utara, Hasnur Ferya Khomaini dalam paparannya mengatakan bahwa BPJS Kesehatan nantinya akan menggunakan pencatatan permohonan informasi dan permohonan pengaduan di saluran tersebut sebagai dasar penentuan kebijakan dan pemetaan area of improvement penyelenggaraan JKN-KIS.

“Selama ini (permohonan informasi dan pengaduan) di puskesmas atau klinik tidak tercatat padahal kita tau mereka adalah garda terdepan yang lebih tau kondisi lapangan, sehingga dari catatan tersebut bisa menjadi bahan bersama upaya perbaikan yang diperlukan,” jelas Fery kepada tim Jamkesnews.

Pada kesempatan yang sama Fery juga mengatakan bahwa SIPP diharapkan dapat menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan kepuasan peserta terhadap pelayanan di faskes primer.

“Dengan SIPP diharapkan penyampaian pengaduan masyarakat jadi mudah dilakukan, penyelesaiannya juga lebih cepat karena petugas puskesmas dan klinik yang langsung koordinasi dengan BPJS Kesehatan,” ujar Fery dalam acara yang dihadiri oleh Person In Charge FKTP di wilayah Kota Lhokseumawe dan Kabupaten Aceh Utara.

Salah satu pimpinan klinik, Fadhil Mulyananda mengatakan bahwa selama ini pihaknya aktif dalam memberikan informasi dan menindaklanjuti pengaduan pasien namun tidak melakukan pencatatan secara sistematis.

“Selama ini kami mencatat (keluhan pasien) di buku saja, namun dengan adanya Aplikasi PIPP maka dapat kami entri ke aplikasi tersebut. Ini inovasi yang sangat bagus dan membantu kami mengelola keluhan dan pengaduan pasien supaya lebih cepat terselesaikan,” ujar Fadhil selaku pimpinan klinik yang terletak di paling ujung Kabupaten Aceh Utara, Klinik Harmitha.

Fadhil juga mengatakan bahwa pihaknya berkomitmen memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas kepada peserta Program JKN-KIS termasuk pelayanan informasi dan keluhan.

“Upaya-upaya ini semata-mata untuk menjaga kualitas pelayanan, kami mengedepankan kepuasan pasien karena kesembuhan berawal dari pelayanan yang baik,” tutup Fadhil.[]

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x