Shadow

Mahasiswa Unimal KKN 101, Edukasi Anak-anak Desa Jambo Timu Belajar Bahasa Inggris


Seputar Aceh | Minat baca yang kini sudah mulai menurun karena perkembangan zaman,berdampak kepada pemahaman Bahasa asing,terlebih bagi anak-anak. Provinsi Aceh kini sedang mengejar ketertinggalannya dalam mengembangkan budaya literasi dan pengembangan bahasa asing.

Perkembangan zaman yang kini terus maju membuat Anak-anak lebih memilih membaca melalui Gadget daripada media cetak (Hardcopy). Budaya Literasi dan memahami Bahasa asing untuk di Aceh sendiri kini juga terus masih ditingkatkan oleh beberapa lembaga dan komunitas yang ada di Aceh.

Dalam hal ini Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemeberdayaan Masyarakat (KKNPPM) Kelompok 101, berinovasi melakukan program-program kerja salah satunya memberikan pembelajaran Bahasa Inggris interaktif dan menarik kepada anak-anak di desa Gampong Jambo Timu.

Sebelumnya Masiswa Unimal (KKN) kelompok 101 telah melakukan diskusi dengan Ibu Zainah selaku ketua dari Rumah Baca Hasa-Savvas Gampong Jambo Timu Kecamatan Blang Mangat Kota Lhokseumawe, membahas tentang program-program yang akan kami lakukan di desa tersebut, Minggu (31/10/2021).

Terkait dengan hal tersebut ibu Zainah sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh Mahasiswa Unimal (KKN) kelompok 101, dan membimbing langsung untuk melakukan kegiatan pembelajaran bahasa inggris secara interaktif dan menarik, supaya menarik minat anak-anak dalam mempelajari bahasa inggris.

Ketua Rumah Baca Hasa-Savvas Gampong Jambo Timu Ibu Zainah mengatakan program pembelajaran bahasa inggris yang diajukan oleh Mahasiswa Unimal (KKN) kelompok101 sangat menarik, ia mengungkapkan kemampuan bahasa inggirs yang dimiliki oleh anak-anak Gampong Jambo Timu masih belum memadai.

“program yang diajukan oleh Mahasiswa (KKN) kelompok 101 sangat menarik, sebagaimana kita tau bahwa anak-anak di desa ini belum familiar dan kurang berminat dengan Bahasa inggris, dan ini dapat menjadi sebuah jembatan bagi mereka untuk mempelajari Bahasa inggris”, ungkapnya.

Mahasiswa Unimal (KKN) kelompok 101 mengadakan kelas bahasa inggris kepada anak-anak Desa Jambo Timu, sebagai bagian dari pengabdian masyarakat, Ibu Zainah turut mendampingi langsung proses belajar bahasa ingris kepada anak-anak untuk mengisi masa luang pada hari minggu.
Kehadiran Masiswa dengan program nya disambut baik oleh anak-anak di desa tersebut, dan mereka sangat antusias mengikuti kegiatan ini.

Ketua kelompok (KKN) 101 M.Andi mengatakan sangat bersemangat dan senang terlibat dalam program English Class ini.

“Kami sangat senang bisa terlibat dalam English Class, karena anak-anak di sini sangat aktif dan kooperatif sehingga proses pembelajaran menjadi menyenangkan dan kondusif” pungkasnya.

“Harapannya, program ini dapat meningkatkan kemampuan dasar anak-anak dalam berkomunikasi menggunakan bahasa inggris, Kami berharap kegiatan ini dapat berlangsung walau kegiatan KKN nya usai karena kegiatan seperti ini sangat bermanfaat terhadap anak-anak”, tutupnya.[oji]

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x