Shadow

Mahasiswa KKN Kelompok 29 Bantu Warga Membajak Lahan Pertanian


Seputaraceh.id | Aceh Utara – Mahasiswa kuliah kerja nyata pembelajaran pemberdayaan masyarakat (KKN-PPM) kelompok 29 Universitas Malikussaleh dalam dalam tugasnya ikut serta membantu warga Desa Ara Tonton Moncrang, Kecamatan Pirak Timu, Aceh Utara dalam mengolah tanah yang rencananya akan ditanam sayuran berupa kangkung dan terong, Selasa/21/06/2022.

Kegiatan itu mereka lakukan atas kesadaran mahasiswa sebagai calon sarjana untuk dapat memanfaatkan sebagian waktu belajarnya menyumbangkan pengetahuan dan ilmu yang telah diperolehnya secara langsung dalam membantu memecahkan dan melaksanakan pembangunan di dalam kehidupan masyarakat, Dalam hal ini membantu warga membajak lahan pertanian.

Agus Salim, salah satu penyuluh pertanian mengatakan, tekstur tanah yang padat dan keras tidak terlalu cocok untuk ditanami sayuran namun bila diberikan perlakuan khusus dapat mendukung tanaman berupa sayuran yang bisa tumbuh di pinggiran kota, karena umumnya tanah di daerah Ara Tonton Moncrang sering ditanami dengan pohon sawit, tanaman jagung dan kacang tanah.

“Dengan adanya mahasiswa KKN-PPM Universitas Malikussaleh ini diharapkan dapat meringankan pekerjaan warga di Gampong Ara Tonton Moncrang dan mencontohkan sifat tolong-menolong pihak yang disekitarnya ikut terpengaruh terhadap sifat tolong-menolong tersebut, karena tidak semua bantuan dengan uang, maka kami yakin jika kita menolong orang lain kelak kita juga akan ditolong oleh orang lain,” katanya.

Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Asrul Fahmi MAP menyampaikan, ia juga Mengapresiasi kegiatan membajak yang dilakukan mahasiswa bisa memberikan kesan positif, sehingga mahasiswa dapat berinteraksi langsung dengan warga dan dapat melihat proses kerja nyata warga setempat serta menumbuhkan jiwa gotong royong.

“Kegiatan mahasiswa ini membuat masyarakat konsumen untuk menciptakan jiwa kebersamaan dalam bergotong royong,” pungkasnya.

Mahasiswa yang tergabung dalam kelompok 29 itu diketuai oleh Agam Pahlafy (Teknik Arsitektur), Eva Hambali (Pen. Bahasa Indonesia), Fitriana (Pen. Matematika), Sunana (Pen. Bahasa Indonesia), Nurika Febriyanti (Teknik Arsitektur), Amanda (Pen Fisika), Nisa Mauliza (Pen.Kimia), Sandy MP (Teknik Sipil), Marzuki Hamsah (Pen. Vokasional Teknik Mesin). Thio Rifqi (Teknik Mesin).

Diharapkan dengan adanya Mahasiswa (KKN/PPM) Kelompok 29 bisa memberi dampak baik bagi perkembangan desa khususnya desa Ara Tonton Moncrang, dapat ikut serta membantu dan berpartisipasi dalam pembangunan desa kedepan agar menjadi lebih baik tentunya.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x