Shadow

Kisah Ibu Penderita Kanker yang Terbantu dengan Adanya JKN-KIS


SEPUTARACEH.ID – Sejak tahun 2019 lalu, Cut Saraya Masturah (27) sudah rutin ke rumah sakit untuk menemani sang ibu menjalani kemoterapi. Wanita yang akrab disapa Sara ini tengah menemani ibunya berjuang melawan penyakit kanker tulang yang kini bersarang ditubuhnya.

Kepada tim Jamkesnews, di Ruang Kemoterapi RSUD Cut Meutia Aceh Utara, Sara menceritakan bagaimana perjuangannya dan seluruh keluarganya dalam berupaya untuk kesehatan ibunya, Rabu (27/10/2021).

“Ini kali kedua kami menjalani kemo mama untuk sakit yang berbeda, dulu mama pernah kena kanker payudara, sempat hilang kankernya dan sekarang sel kankernya malah menyerang tulang di bagian bahu mama,” jelas Sara seraya mengenang penyakit yang diderita ibunya.

Lebih lanjut Sara juga menceritakan bahwa untuk kanker payudara sebelumnya, sang ibu sempat dinyatakan sembuh dari kanker setelah menjalani rawat inap lebih dari 1 bulan penuh dan 30 kali kemoterapi dengan pembiayaan yang dijamin oleh Program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

“Alhamdulillah dari segi biaya kami sekeluarga sangat terbantu, bayangin aja berpuluh-puluh kali kemo dan rawat inapnya juga tergolong lama, pasti biayanya nggak sedikit, tapi bersyukur sekali karena semuanya bisa gratis,” ujar Sara sembari sesekali menyentuh lembut wajah sang Ibu.

Tak hanya itu, setelah sempat dirujuk ke rumah sakit yang berada di Kota Medan untuk pemeriksaan lanjutan, Sara dan keluarganya pun tak sekalipun dimintai biaya oleh rumah sakit.

“Sempat ke RSUP H. Adam Malik untuk bone scan, itu pun sama sekali nggak ada diminta biaya, makanya kami sekeluarga bersyukur sekali punya kartu BPJS,” jelas Sara.

Sara pun mengaku bahwa ia dan keluarganya bisa sedikit tenang dalam menemani perjuangan sembuh sang ibu karena tau bahwa seluruh biaya pengobatan bisa di cover Program JKN-KIS.

“Sekarang kami cuma fokus untuk kesembuhan mama, berikan dukungan supaya mama semangat untuk cepat sembuh, sedangkan untuk biaya pengobatan kami bisa tenang dan nggak perlu dipikirkan lagi karena ada BPJS,” tutup Sara.[]

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x