Shadow

Kemendag Pastikan Stok Minyak Goreng Aman Hingga Lebaran


JAKARTA – Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Oke Nurwan memastikan ketersediaan minyak goreng dalam jumlah yang cukup hingga Lebaran tiba.

“Kami pastikan stok aman. Tidak ada kelangkaan (Minyak goreng) saat Lebaran. Dari pantauan kami secara nasional, ketersediaan minyak goreng sudah bagus. Di ritel-ritel juga sudah banyak,” ujar Oke saat dihubungi Kompas.com belum lama ini.

Oke mengakui hingga saat ini distribusinya pun sudah mulai terisi. “Enggak kaya dulu lagi kosong berhari-hari,” kata Oke.
Oleh sebab itu Oke mengimbau masyarakat untuk tidak panic buying adanya kelangkaan minyak goreng jelang hari Ramadhan.

Dia juga membeberkan, sekarang ini harga minyak goreng di sejumlah pasar tradisional juga sudah perlahan turun.

“Pantauan kami di pasar-pasar harganya sudah turun. Yang kemasan sederhana Rp 15.000 per liter, curah Rp 13.000 per kilogram,” sebutnya.

“Kenapa minyak goreng curah di pasar Rp 13.000 per kilogram? Harga segitu karena pedagang jualnya ukuran kilo bukan liter. Kalau liter Rp 11.500. Sementara kilo itu Rp 12.800, tapi mereka pas kan ke Rp 13.000 itu nggak masalah,” beber Oke.

Dia menambahkan, meskipun beberapa pasar tradisional masih menjual minyak goreng curah seharga Rp 17.000, harga tersebut hanya sementara.

Sebab kata Oke, rata-rata pasar nasional sudah menjual harga minyak goreng di rentan Rp 13.000-15.000 per kilogram.

Sumber : Kompas.com

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x