Shadow

Gampong Nusa Masuk Nominasi 50 Desa Terbaik di Indonesia, Pemerintah Aceh Sampaikan Apresiasi


BANDA ACEH – Gampong Nusa Kecamatan Lhoknga Kabupaten Aceh Besar berhasil masuk nominasi 50 Desa Terbaik Indonesia tahun 2021. Gampong Nusa menjadi satu dari 1831 Desa Wisata di Indonesia yang melewati proses kurasi oleh dewan curator, hingga menembus babak 300 besar, dan tersaring menjadi 100 nominator. Kini Gampong Nusa tercatat menjadi satu satunya wakil Aceh yang masuk daftar 50 nominator Desa Wisata terbaik Indonesia 2021.

Pemerintah Aceh menyampaikan apresiasi kepada Gampong Nusa yang terpilih sebagai salah satu dari 50 Desa Wisata terbaik di Indonesia. “Selamat kepada Gampong Nusa Kecamatan Lhoknga, Aceh Besar atas prestasi tersebut. Harapan kami serta kita semua, agar Gampong Nusa bisa menjadi yang terbaik nasional, dan menginspirasi gampong-gampong lain di Aceh,” kata Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Aceh, Muhammad Iswanto, dalam keterangannya di Banda Aceh, Senin (23/08/2021).

Menurut Iswanto, Gampong Nusa menjadi satu-satunya desa di Aceh yang akan dinilai langsung oleh tim juri dari Kemenparekraf, dan akan bersaing dengan 49 desa lain dari seluruh Indonesia. “Sebagai Desa Wisata, Gampong Nusa telah memberikan kebanggaan bagi kita semua. Terima kasih telah menjadi yang terbaik di Aceh serta terus bersaing di level nasional. Sekali lagi kami ucapkan selamat kepada Gampong Nusa,” ujar Iswanto.

Pengumuman 50 besar desa terbaik dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 diumumkan dalam laman video yang diberikan sambutan langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Salahuddin Sandiaga Uno. Sandi dalam sambutannya menyampaikan selamat kepada 50 desa wisata terbaik. “Jadikan pencapaian ini motivasi untuk mengembangkan desa wisata yang berkualitas, berkelanjutan untuk Indonesia bangkit,” kata Sandiaga. Ia mengatakan pihaknya akan meninjau dan menilai secara langsung bersama dewan juri ke 50 desa wisata terbaik tersebut.

Kepada desa yang belum lolos, Sandi berpesan untuk terus meningkatkan inovasi, adaptasi dan kolaborasi dalam pengembangan Desa Wisata. Melalui data Desa Wisata di platform jadesa.com, kata Sandi, akan menjadi wadah dan arah, dalam penyusunan rencana pengembangan desa-desa wisata di seluruh Indonesia oleh Kemenparekraf sebagai simbol kebangkitan ekonomi nasional. “Semua demi kesejahteraan ekonomi rakyat Indonesia, untuk Indonesia bangkit,” kata Sandiaga Uno.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x