Shadow

Dosen PNL Melakukan Pengabdian Masyarakat melalui Program Desiminasi Teknologi Mesin Pengolahan Adonan Kue


LHOKSEUMAWE – Dosen Piliteknik Negeri Lhokseumawe melakukan pengabdian masyarakat (Pengmas) di kelompok Usaha UD. Milhy Jaya yang berada di desa Tanah Anoe Kecamatan Jangka dan UD. Usaha Tani di Kecamatan Peusangan Kab. Bireuen mulai dari tanggal 15 Sep s/d 8 Nopember 2021.

Ketiga dosen dari Jurusan Teknologi Informatika Komputer (TIK) yang melakukan Pengmas melalui program desiminasi Teknologi Mesin Pengolahan Adonan Kue berkapasitas 10 Kg, diketuai Amri S.ST. MT, dengan anggota Salahuddin, SST.MT dan Ir. Fauzi A.Gani, MT

Ketua pengabdian masyarakat Amri, S.ST menjelaskan, kegiatan program desiminasi ini secara umum bertujuan untuk menciptakan lapangan kerja baru utamanya bagi kelompok Usaha UD. Milhy Jaya dan UD. Usaha Tani, sehingga pendapatan rumah tangga miskin semakin meningkat dan bahkan biasa terlepas dari kemiskinan yang selama ini telah membelenggu mereka

“Kita harapkan para pedagang dalam memproduksi roti yang cepat, mudah, enak dan murah dengan kemasan yang menarik dan higienis. Produk aneka pengolahan roti yang akan diproduksi yaitu roti/kue dalam pengemasan,” ungkap Amri, Kamis (18/11/2021)

Amri menjelaskan, penjual dalam mengaplikasikan strategi pemasaran melalui strategi produk, strategi harga, strategi distribusi/tempat dan strategi promosi pada makanan khususnya roti. “Untuk membantu pemasaran yang tergabung dalam kelompok usaha dalam menyusun Rencana Usaha (Bussiness Plan) pada produksi roti,” tambahnya.

Amri memaparkan metode pelaksanaan Pembuatan mesin pengaduk adonan oleh tim pelaksana kegiatan. Metode pelaksanaan adalah proses manufaktur dan Luaran dari kegiatan ini adalah teknologi yang diseminasikan pada mesin pengaduk adonan daya sedang dengan spesifikasi yaitu kapasitas produksi sebesar 10 kg/ proses, serta bahan tabung dan pengaduk stainless steel food grade.

Pelatihan penggunaan dan perawatan mesin pengaduk adonan daya kecil dilaksanakan di tempat kegiatan mitra. Pelatihan penggunaan alat/mesin merupakan pelatihan bagaimana cara mengoperasikan alat secara benar agar sesuai tidak terjadi kesalahan, jelasnya.

Secara keseluruhan, harapan dari hasil kegiatan Ipteks bagi Masyarakat ini mampu meningkatkan pengetahuan dan kreativitas Produksi dan Penjualan roti di Desa UD. Milhy Jaya dan UD. Usaha Tani, dalam memanfaatkan potensi desa melalui produksi roti sehingga mereka mampu berkontribusi dalam peningkatan pendapatan keluarganya, tutup Amri, S.ST, MT. [Red]

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x