Shadow

Daftar 15 Negara Pecahan Uni Soviet, Ada Rusia dan Ukraina


Sudah lebih dari dua pekan berlalu sejak perang antara Rusia dan Ukraina, pecah pada Kamis (24/2/2022). Hingga kini konflik militer antar kedua negara bertetangga itu masih terus berlangsung.

Hubungan Rusia dan Ukraina memiliki sejarah yang panjang. Keduanya sama-sama merupakan negara pecahan Union of Soviet Socialist Republics (USSR) atau lebih dikenal dengan nama Uni Soviet.

Berdiri sejak 1922, Uni Soviet bersama Amerika Serikat menjadi negara dengan pengaruh dan kekuatan politik, ekonomi, dan militer terbesar di dunia pada abad ke-20.

Namun pada 26 Desember 1991, Uni Soviet dinyatakan bubar. Secara politik, runtuhnya Uni Soviet sering dikaitkan dengan sejumlah reformasi radikal yang dilakukan presiden Mikhail Gorbachev selama enam tahun sebagai pemimpin Uni Soviet.

Pascakeruntuhannya, Uni Soviet terpecah menjadi 15 negara merdeka. Rusia menjadi negara pecahan Uni Soviet dengan luas wilayah terbesar.

Berikut adalah daftar 15 negara pecahan Uni Soviet, dikutip dari The Sun.

1. Rusia

Republik Sosialis Federasi Soviet Rusia (RSFSR) menjadi kelompok etnis terbesar dari Uni Soviet. Pascabubarnya Uni Soviet, Rusia juga menjadi negara pecahan dengan wilayah yang paling besar. Bahkan, luas wilayah daratan Rusia menjadi yang terbesar di dunia.

Setelah bubarnya Uni Soviet, RSFSR mengganti namanya menjadi Federasi Rusia pada 25 Desember 1991.

2. Ukraina

Bersama RSFS Rusia, Republik Sosialis Soviet (RSS) Ukraina juga termasuk empat negara pendiri Uni Soviet. Dua lainnya adalah RSFS Transkaukasia dan RSS Byelorusia.

Setelah Uni Soviet pecah, RSS Ukraina merdeka dan mengubah namanya menjadi Ukraina. Selama 72 tahun, perbatasan SSR Ukraina terus berubah. Sebagian besar wilayahnya kini menjadi Ukraina Barat.

3. Belarus

Seperti Rusia dan Ukraina, Belarus juga menjadi negara awal pendiri Uni Soviet. Dahulu Belarus dikenal dengan nama RSS Byelorusia.
Pada 27 Juli 1990 Belarus mendeklarasikan dirinya berdaulat dengan mengeluarkan Deklarasi Kedaulatan Negara Republik Sosialis Soviet Belarusia.

Kemudian pada 25 Agustus 1991, RSS Belarus mengubah namanya menjadi Republik Belarus dan mendeklarasikan kemerdekaannya.

4. Uzbekistan

RSS Uzbekistan pada Juni 1990 mengadopsi pemerintahan Deklarasi Kedaulatan Negara dan Islam. Karimov menjadi presiden pertamanya.

Setelah tak lagi menjadi bagian dari Uni Soviet tiga bulan kemudian, tepatnya pada 31 Agustus 1991, namanya diubah menjadi Republik Uzbekistan dan mendeklarasikan kemerdekaannya.

5. Kazakstan

Kazakstan menjadi negara pecahan Uni Soviet dengan luas wilayah terbesar kedua setelah Rusia. Kazakstan berada di sebelah utara Asia Tengah.

Desember 1991, RSS Kazakstan mengubah namanya menjadi Republik Kazakstan dan menyatakan kemerdekaannya. Kazakhstan adalah negara terakhir yang meninggalkan Uni Soviet pada 16 Desember 1991 dan diterima PBB pada 2 Maret 1992.

6. Georgia

Republik Sosialis Soviet Georgia adalah bagian dari Republik Soviet Federasi Sosialis (RSFS) Transkaukasia, bersama dengan Armenia dan Azerbaijan. Georgia akhirnya mendeklarasikan kemerdekaannya dari Uni Soviet pada 9 April 1991.

7. Azerbaijan

Azerbaijan merupakan salah satu republik konstituen Uni Soviet antara 1922 hingga 1991. Bahkan, Rusia sempat memasang tokoh-tokoh pro-Soviet di wilayah tersebut di April 1920.

Aksi Rusia tersebut pada akhirnya mengarah ke pembentukan RSS Azerbaijan atau Republik Sosialis Soviet Azerbaijan.

RSS Azerbaijan berganti nama pada Februari 1992 menjadi Republik Azerbaijan dan mengumumkan kemerdekaannya pada Agustus pada tahun yang sama.

8. Lituania

Lituania menjadi bagian dari Uni Soviet pada 1940 sampai 1941 dan kembali bergabung lagi pada 1944 hingga 1990. Tentara Soviet menduduki Republik Lituania selama masa Perang Dunia II.

Pada 1989, RSS Lituania mengumumkan telah menjadi negara berdaulat meski masih menjadi bagian dari Uni Soviet. 11 Maret 1990, ditandatangani Undang-undang pemulihan negara Lituania.

Negara ini akhirnya diakui oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa pada 17 September 1991.

9. Estonia

RSS Estonia atau Republik Sosialis Soviet Estonia merupakan subdivisi administratif dari Uni Soviet berbasis etnis yang ada sejak 1940 hingga 1991.

Semua itu diketahui dibuat sebulan setelah invasi militer Soviet pada Juni 1940 dan dilakukan pendudukan Republik Estonia selama Perang Dunia II.

Meski sudah berhasil diduduki, sebagian besar negara barat tidak mengakui penggabungan Estonia ke dalam Uni Soviet. Estonia kemudian menjadi yang pertama dari negara-negara yang ada di bawah Soviet dan mendeklarasikan sebagai kedaulatan negara dari Moskow pada tahun 1988.

Semua belum berakhir dan pada Maret 1990, parlemen yang baru terpilih menyatakan bahwa Republik Estonia telah diduduki secara ilegal oleh Rusia sejak tahun 1940.

10. Moldova

RSS Moldova atau Republik Sosialis Soviet Moldavia terbentuk dari Bessarabia, wilayah yang dianeksasi dari Rumania dan SSR Otonom Moldavia.

Bisa juga disebut sebagai sebuah republik Soviet otonom di dalam RSS Ukraina yang dibentuk pada 2 Agustus 1940. Moldova mendeklarasikan kemerdekaannya pada 27 Agustus 1991.

11. Latvia

RSS Latvia atau Republik Sosialis Soviet Latvia didirikan pada Juli 1940 setelah diduduki oleh Tentara Merah pada masa Perang Dunia II.

Sayangnya, wilayah yang sudah diduduki Tentara Merah itu berhasil ditaklukkan Nazi Jerman pada tahun 1941 dan baru direbut kembali pada tahun 1944 sampai 1945.

RSS Latvia akhirnya merdeka dan berubah menjadi Republik Latvia secara penuh serta dipulihkan pada 21 Agustus 1991.

12. Kirgistan

RSS Kirgistan menjadi anggota Uni Soviet sejak 1936 hingga runtuhnya Uni Soviet di tahun 1991.Pada 31 Agustus 1991, negara ini merdeka dan diubah namanya menjadi Kirgistan.

13. Tajikistan

Anggota Uni Soviet berikutnya adalah RSS Tajikistan atau Republik Sosialis Soviet Tajikistan yang bergabung dari 1929 sampai dengan 1991.

Negara yang terletak di Asia Tengah ini dibuat sebagai entitas nasional untuk orang Tajik di dalam Uni Soviet. RSS Tajikistan berganti nama menjadi Republik Tajikistan pada Agustus 1991 dan menjadi negara merdeka pada 9 September 1991.

14. Armenia

Armenia tergabung dalam RSFS Transkaukasia sebagai negara awal yang membentuk Uni Soviet pada 1922

Pada 21 September 1991, kemerdekaan Republik Armenia dikukuhkan dalam suatu referendum.

15. Turkmenistan

RSS Turkmenistan atau Republik Sosialis Soviet Turkmenistan diketahui menjadi negara republik pada 1925.

Negara ini dinyatakan merdeka sebagai Turkmenistan pada tahun 1991 dan perbatasan negaranya disebutkan tak pernah berubah.

Sumber : Kompas.com

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x