Shadow

BPJAMSOSTEK Meulaboh Sosialisasi Program JKP Kepada Federasi Transportasi, Industri Umum dan Angkutan


Seputaraceh.id – Setelah program Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP) diluncurkan beberapa bulan yang lalu oleh BPJS Ketenagakerjaan atau biasa disapa BPJAMSOSTEK, program ini terus mendapatkan perhatian dari kalangan perusahaan dan tenaga kerja, tak terkecuali beberapa serikat pekerja.

Pada kesempatan kali ini BPJAMSOSTEK mendapat kepercayaan dari Federasi Trasnportasi, Industri Umum dan Angkutan (FTA) untuk menjelaskan secara langsung dan lebih detil terkait program JKP.

Program ini merupakan tindak lanjut atau implementasi dari Undang-Undang Ketenagakerjaan terbaru Nomor 11 tahun 2020 tentang Cipta Kerja (Pasal 82), kegiatan kali ini bertempat di Kantor Kecamatan Darul Makmur Kabupaten Nagan Raya, Sabtu, 02 Oktober 2021.

Program ini sekaligus memperkuat upaya dukungan dan perlindungan pemerintah melalui BPJAMSOSTEK terhadap seluruh pekerja di Indonesia dimana program ini nantinya akan memberikan jaminan perlindungan kepada pekerja yang kehilangan pekerjaannya akibat pemutusan hubungan kerja lewat 3 (tiga) manfaat unggulan yaitu pelatihan kerja, akses informasi pasar kerja dan uang tunai.

Sebelum program baru ini dirilis BPJAMSOSTEK telah memiliki 4 (empat) program yang menemani para pekerja yaitu Jaminan Kecelakan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM), Jaminan Hari Tua (JHT) dan Jaminan Pensiun (JP).

Kegiatan yang bertajuk Pelatihan Perundingan Perjanjian Kerja Bersama Pengurus Komisariat Federasi Transportasi, Industri Umum dan Angkutan (PKB – FTA) & Sosialisasi Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP) ini juga dihadiri oleh para perwakilan perusahaan peserta BPJAMSOSTEK Meulaboh seperti PT. Ensem Lestari Jaya, PT. Kallista Alam dan PT. Agro Sinergi Nusantara yang terlihat antusias mengikuti paparan oleh BPJAMSOSTEK cabang Meulaboh.

Kegiatan ini juga dihadiri langsung oleh Ketua DPP – FTA, Efendi Lubis yang juga menyambut baik kehadiran BPJAMSOSTEK pada kegiatan yang mereka laksanakan. Efendi menyampaikan kepada perwakilan perusahaan yang juga merupakan anggota FTA agar melaporkan dan mendaftarkan apabila masih ada rekan sesama pekerja yang belum didaftarkan program BPJAMSOSTEK.

“Saya mengucapkan terima kasih atas kehadirannya pada kegiatan kami ini dan saya berharap kepada rekan-rekan yang hadir agar menyampaikan apabila ada yang masih belum terdaftar program BPJAMSOSTEK karena program ini sangat menguntungkan para pekerja,”kata Efendi Lubis.

T. Emir Rizky, Account Representative dalam hal ini mewakili Kepala BPJAMSOSTEK Meulaboh yang hadir pada kegiatan ini menjelaskan bahwa program JKP ini merupakan bagian tidak terpisahkan dari program sebelumnya yakni JKK, JKM, JHT dan JP sehingga pihak perusahaan yang hadir harus memastikan sudah terdaftar terlebih dahulu ke dalam 4 program untuk perusahaan skala menengah dan besar dan 3 program untuk perusahaan mikro kecil sebelum mendapatkan manfaat JKP.

“Program Jaminan Kehilangan Pekerjaan ini memberikan 3 manfaat utama yakni pelatihan kerja, akses informasi pasar kerja dan uang tunai yang nantinya diharapkan dapat menjaga dan mempertahankan kehidupan yang layak bagi para pekerja apabila sewaktu-waktu kehilangan pekerjaannya,” pungkas Emir.[Ril]

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x