Shadow

Banjir Menerjang 4 Kecamatan di Aceh Besar


Aceh Besar – Ratusan rumah warga di empat kecamatan dalam wilayah Kabupaten Aceh Besar terendam banjir, Sabtu (10/7/2021).

Di Desa Lampasie Engking, Kecamatan Darul Imarah, permukiman warga terendam banjir setinggi hingga 90 sentimeter. Banjir diduga disebabkan hujan terus-menerus yang terjadi sejak Jumat kemarin. Warga yang terdampak banjir harus mengungsi untuk sementara.

Polisi terlihat membantu mengatur lalu lintas kendaraan warga yang pindah sementara, karena rumah mereka terendam banir.

“Sejak Jumat, perlahan air mulai tinggi dan masuk ke rumah, kami langsung mengevakuasi barang-barang ke tempat tinggi dan mungkin akan tinggal di tempat saudara yang lain dulu sebentar menunggu air surut,” ujar Nurul Mauliza, warga Lampasie Enking, Sabtu.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) Ilyas menyebutkan, wilayah yang direndam banjir di Aceh Besar yaitu, Gampong Brayeun (Kecamatan Leupung), Gampong Lamsujen dan Pudeng (Kecamatan Lhoong).

Kemudian, Kompleks Maharaja dan Gampong Lamgeumok (Kecamatan Peukan Bada), serta kawasan Villa Buana Lampasie Engking (Kecamatan Darul Imarah).

Saat ini, tim dari BPBD Kabupaten Aceh Besar telah meninjau lokasi dan melakukan pendataan rumah yang terdampak dan kerusakan yang ditimbulkan.

“Tinggi genangan air akibat banjir bervariasi sekitar 20-80 sentimeter. Aktivitas masyarakat sekitar sedikit terganggu,” sebut Ilyas.

Hingga Sabtu pagi, hujan dengan intensitas sedang masih mengguyur kawasan Aceh Besar dan Kota Banda Aceh.

Selain di Aceh Besar, banjir akibat hujan juga terjadi di Kabupaten Aceh Jaya, Aceh Barat dan Kabupaten Aceh Selatan.

Sumber : kompas.com

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x