Pembukaan PON XXI 2024 Digelar di Aceh, Penutupan di Sumut

Aceh – Pembukaan PON XXI Aceh-Sumatera Utara (Sumut) 2024 bakal digelar di Tanah Rencong. Keputusan itu didapatkan berdasarkan hasil kesepakatan pada 2017.
“Kesepakatan tersebut diteken langsung oleh gubernur kedua provinsi saat itu, yaitu Gubernur Aceh Irwandi Yusuf dan Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi,” kata juru bicara Pemerintah Aceh, Muhammad MTA, dalam keterangan kepada wartawan, Senin (31/1/2022).

Dalam kesepakatan itu, disebutkan bahwa pembukaan digelar di Aceh dan penutupan di Sumut. Kesepakatan tersebut tertuang dalam surat tentang penyelenggaraan bersama tuan rumah PON 2024 yang diteken pada 6 November 2017.

“Kesepakatan bersama ini berlaku sejak diteken oleh kedua pihak hingga selesainya penyelenggaraan PON XXI 2024, hal ini tertulis jelas dalam pasal lima,” ujar Muhammad.

Muhammad berharap semua pihak berpegang teguh pada keputusan bersama tersebut. Hal tersebut dinilai penting agar tidak terjadinya gangguan pada proses persiapan dan pelaksanaan lanjutan agenda tersebut.

“Kita tak ingin berpolemik terkait pernyataan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi yang mengatakan pembukaan PON akan digelar di Sumut dan penutupan di Aceh,” ujar Muhammad.

“Mungkin beliau belum mendapatkan informasi yang utuh dari bawahannya terkait kesepakatan PON XXI Aceh-Sumut, apalagi saat itu beliau belum memimpin,” lanjut Muhammad.

Sumber: Detiknews

Komentar