Dewan Perwakilan Mahasiswa Unsyiah Gelar Seminar Nasional Sekolah Parlemen Mahasiswa

Aceh — Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) Universitas Syiah Kuala gelar Seminar Nasional Sekolah Parlemen Mahasiswa 2019 pada Jumat (6/11/19) di Gedung AAC Dayan Dawod.


Kegiatan Seminar Sekolah Parlemen Mahasiswa ini mmerupakan acara terbesar yang diadakan oleh Dewan Perwakilan Mahasiswa. Kegiatan ini dihadiri oleh 1000 peserta seminar yang merupakan mahasiswa dari berbagai Fakultas di Unsyiah.

Dengan mengangkat tema “Menciptakan Legislator yang Berwawasan Demokratis, Aspiratis dan Solutif Sebagai Patron Menuju Cita-Cita Bangsa” T.Muhammad Shandoya selaku Ketua Panitia dalam hal ini menggandeng 2 tokoh Nasional yaitu, H. Muhammad Nasir Djamil, S.Ag., M.Si.(Anggota DPR RI) Dan H. Fachrul Razi M.IP (Senator DPD RI) serta dipandu oleh Yarmen Dinamika selaku moderator.

“Acara Sekolah Parlemen Mahasiswa ini bertujuan untuk meningkatan pemahaman mahasiswa mengenai dunia parlemen serta sebagai sarana edukasi terkait sistem pemerintahan yang diterapkan di perguruan tinggi. Harapannya acara ini dapat memciptakan mahasiswa menjadi seorang legislator muda yang berkompeten dalam membuat suatu kebijakan baik di ruang lingkup akademik maupun kebijakan politik,” ujar T. Muhammad Shandoya saat memberikan kata sambutan.

Pembukaan Seminar Nasional Sekolah Parlemen ini dibuka langsung oleh Wakil Rektor 1 yaitu Prof. Dr. Ir. Marwan. Acara ini turut dhadiri oleh Plt. Gubernur Aceh yang diwakili oleh Kamaruddin selaku Setda Aceh, Polda Aceh, Kodam IM serta beberapa tamu undangan lainnya.

Dalam acara Seminar Nasional Sekolah Parlemen serangkaian kegiatan dilakukan diantaranya, pengisian materi oleh narasumber dan sesi tanya jawab antara peserta seminar dan narasumber.

Dalam penyampaian materi H. Fachrul Razi, M.IP memliki harapan bahwa “kegiatan Sekolah Parlemen Mahasiswa selanjutnya dapat dilakukan di seluruh Universitas di Aceh, tidak hanya Unsyiah saja. Dan kegiatan Sekolah Parlemen ini juga dapat menjadi kegiatan secara Nasional yang akan di lakukan di Unsyiah.” Ujarnya.


Sebelumnya Majelis Permusywaratan Mahasiswa (MPR) Universitas Syiah Kuala telah melaksanakan kegiatan Training Legislatif pada Sabtu dan Minggu (30/11-1/12/19) di Balai Sidang Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unsyiah, yang merupakan bagian dari serangkaian acara Seminar Nasional Sekolah Parlemen yang diikuti oleh 50 delegasi dari berbagai Fakultas di Unsyiah.(**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *